Mengisi Bahan Bakar Terlalu Penuh? Ini 5 Dampak Negatif Melakukan Pengisian BBM Sepeda Motor Hingga Tumpah!

Mengisi Bahan Bakar Terlalu Penuh? Ini 5 Dampak Negatif Melakukan Pengisian BBM Sepeda Motor Hingga Tumpah!

Mengisi Bahan Bakar Terlalu Penuh? Ini 5 Dampak Negatif Melakukan Pengisian BBM Sepeda Motor Hingga Tumpah!-freepik-freepik

Namun, pengendara juga perlu menyadari bahwa pada saat berkendara tidak selamanya jalanan yang dilalui dalam kondisi datar, ada jalan yang menanjak dan juga yang bergelombang.

Jika pengendara mengisi BBM sepeda motor hingga terlalu penuh lalu melalui jalanan yang tidak rata tentunya dapat menyebabkan BBM menjadi tumpah, rembes, atau menguap.

Terlebih lagi jika tutup tangki sepeda motor sudah tidak berada dalam kondisi yang baik seperti drat yang aus, berkarat, atau tidak tertutup rapat.

Hal tersebut tentunya bisa saja membuat BBM menjadi tumpah, pengendara juga perlu mengetahui bahwa uap bahan bakar juga sangat berbahaya bagi kesehatan.

BACA JUGA:Bahaya Air Hujan pada Cat dan Bodi Mobil, Inilah Tips Cara Menjaga Mobil di Musim Penghujan

Setiap bahan bakar yang tumpah atau menguap dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya polusi udara.

Dapat Memicu Terjadinya Kebakaran

Bahan bakar merupakan salah satu benda yang mudah terbakar, pada saat mengisi BBM hingga terlalu penuh sampai tumpah dan berdekatan dengan sumber api.

Jika hal tersebut terjadi, pengendara tidak akan dapat mencegah api yang menjalar ke sepeda motor. Oleh karena itu, sebaiknya jangan mengisi BBM hingga terlalu penuh bahkan meluber ke permukaan.

Dapat Memudarkan Cat dan Meninggalkan Noda Kuning

Dampak negatif lain yang dapat diakibatkan oleh pengisian BBM yang terlalu penuh yaitu dapat memudarkan warna cat atau dapat menyisakan noda kuning pada body sepeda motor.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat kimia pada BBM yang sangat tajam. Untuk dapat menghindari kerusakan pada cat sepeda motor, pengendara sebaiknya segera mengelap sisa BBM yang keluar pada bibir tangki dengan menggunakan kain bersih.


Mengisi Bahan Bakar Terlalu Penuh? Ini 5 Dampak Negatif Melakukan Pengisian BBM Sepeda Motor Hingga Tumpah!-jannoon028-freepik

BBM Membutuhkan Ruang Udara

Melakukan pengisian BBM hingga terlalu penuh tentu dapat membuat tekanan bahan bakar saat mengembang menjadi berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber