Bahaya Air Hujan pada Cat dan Bodi Mobil, Inilah Tips Cara Menjaga Mobil di Musim Penghujan

Bahaya Air Hujan pada Cat dan Bodi Mobil, Inilah Tips Cara Menjaga Mobil di Musim Penghujan

Bahaya Air Hujan pada Cat dan Bodi Mobil --Foto : freepik.com/@wirestock

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Banyak pemilik mobil yang menganggap remeh bahaya air hujan, seperti membiarkannya mengering di bodi dan tidak mencuci mobilnya.

Karena walaupun hanya air hujan saja, namun dapat menimbulkan banyak kerusakan pada mobil anda, terutama pada bodi dan catnya.

Tentu saja petugas kebersihan juga menjadi korban. Karetnya cepat aus sehingga tidak berfungsi dengan baik lagi. Jadi hindari cara ini jika tidak ingin kendaraan kesayangan Anda terkena dampak buruk berikut ini:

1. Mika lampu berembun

BACA JUGA:Benarkan Jika Kepala Kena Air Hujan Akan Menyebabkan Sakit ; Mitos dan Fakta

Embun muncul di mika lampu, sayangnya, air hujan tidak langsung tersapu dan muncul embun pada mika lampu. Penyebabnya adalah retakan atau rongga mikroskopis pada mika lampu.

Periksa segel sekeliling bohlam lampu depan dan jika sudah tipis segera ganti dengan yang baru. Saat ini, jika ditemukan keretakan pada lampu mika, maka harus diganti oleh bengkel resmi.

BACA JUGA:Pemandangan Beda Peugeot SUV, Melaju Dengan Elegan di Musim Hujan


Tips menjaga kilau mobil di musim hujan--Foto : Freepik.com@freepik

 

2. Karat

Korosi bahaya utama yang ditimbulkan oleh air hujan adalah timbulnya karat dan korosi pada bodi kendaraan. Hal ini disebabkan senyawa asam pada air hujan bersifat korosif.

Banyak bagian kendaraan yang mempunyai lapisan karat tipis, karat ringan dan karat, seperti pada ruang mesin, engsel pintu, pipa air, atap kendaraan dan bagian bawah kendaraan.Oleh karena itu, jika sering terkena hujan dan kekeringan, karat dapat berkembang di kawasan ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber