Strategi Imigrasi Palembang untuk Meningkatkan Penerimaan PNBP dari Paspor

Strategi Imigrasi Palembang untuk Meningkatkan Penerimaan PNBP dari Paspor

Strategi Imigrasi Palembang untuk Meningkatkan Penerimaan PNBP dari Paspor--foto/dok.Kemenkumham Sumsel

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) PALEMBANG, Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan, berencana meningkatkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari layanan paspor pada tahun 2024 hingga mencapai Rp10 miliar.

Mohammad Ridwan, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, menyatakan bahwa pencapaian PNBP dari layanan paspor pada tahun 2023 mencapai Rp28,8 miliar atau melebihi target sebesar 500 persen dari Rp5,050 miliar. Hal ini memberikan motivasi untuk menetapkan target PNBP hingga Rp10 miliar pada tahun berikutnya.

Ridwan mengungkapkan bahwa peningkatan target ini sesuai dengan pertumbuhan permintaan layanan pembuatan paspor yang terus meningkat setiap tahun.

Optimisme mereka didasarkan pada perkembangan jumlah permohonan pembuatan paspor yang terus bertambah.

BACA JUGA:Inilah 4 Tips Bagi Pengendara Agar Mendapatkan Komponen Sparepart Pada Sepeda Motor yang Asli atau Original!

PNBP diperoleh dari layanan pembuatan paspor di enam kabupaten dan kota yang termasuk dalam wilayah kerja Imigrasi Palembang, melibatkan Kota Palembang, Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Banyuasin, dan Musi Banyuasin.

Selama tahun 2023, kantor tersebut berhasil melayani pembuatan sekitar 50.000 paspor baru dan penggantian buku (perpanjang masa berlaku).

Layanan ini dilakukan melalui pelayanan reguler pada jam kerja setiap Senin-Jumat di Kantor Imigrasi Palembang.

Selain itu, mereka juga menyelenggarakan pelayanan pengembangan inovasi dengan sistem jemput bola dan pelayanan khusus di akhir pekan atau hari libur.

BACA JUGA:Langkah Tegas Kemenkumham Sumsel, Menyelidiki Pelanggaran HAM di Kabupaten OKI Sesuai Aduan Masyarakat

Adeb Yoenoes, Kepala Seksi Lalu lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, menambahkan bahwa pada Januari 2024, mereka sudah melayani sekitar 5.000 permohonan pembuatan paspor baru dan penggantian buku. Peningkatan ini disebabkan oleh masyarakat yang sedang mempersiapkan berkas untuk berangkat haji.

Ilham Djaya, Kakanwil Kemenkumham Sumsel, memberikan apresiasi atas capaian Kantor Imigrasi Kelas I Palembang yang berhasil mencapai PNBP pelayanan paspor hingga 500 persen dari target 2023.

Ia mendorong kantor tersebut untuk terus mengembangkan inovasi guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pada tahun 2024.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber