Wow, Jangan Hanya Tahu Candi Prambanan dan Borobudur, Inilah 14 candi yang Terdapat di Indonesia

Wow, Jangan Hanya Tahu Candi Prambanan dan Borobudur, Inilah 14 candi yang Terdapat di Indonesia

Inilah 14 candi yang Terdapat di Indonesia/ Candi Sewu--Foto : Instagram/@keongbergema

6. Candi Muaro Jambi – Muaro Jambi, Jambi

Candi Muaro Jambi merupakan candi Hindu-Buddha terbesar di Asia Selatan dan dianggap sebagai peninggalan kerajaan Sriwijaya dan Melayu. Tempat Suci Muaro Jambi terdiri dari sembilan bangunan yang telah dipugar, namun banyak bangunan tua yang masih berdiri.

 

7. Candi Muara Takus – Kampar, Riau

Tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan Candi Muara Takus dibangun, namun diyakini terjadi pada masa Keemasan Kerajaan Sriwijaya. Hal ini membuat banyak peneliti menganggap lokasi candi ini sebagai salah satu pusat pemerintahan kerajaan Sriwijaya saat itu.

Berbeda dengan kebanyakan candi Buddha di Pulau Jawa yang terbuat dari batu andesit, bangunan ini terbuat dari batu pasir, ashlar, dan batu bata.

BACA JUGA:Menyusuri Sungai Progo dengan Getek Bambu: Pengalaman Alternatif Wisata di Sekitar Candi


Candi Muara Takus – Kampar, Riau --Foto : Instagram/@merekooblog

 

8. Candi Banyunibo – Sleman, Yogyakarta

Dibangun pada masa Kerajaan Mataran kuno pada abad ke-9, Candi Banyunibo merupakan candi yang melambangkan setetes air bagi umat Buddha pada masa itu. Dilihat dari reruntuhannya, diyakini masih ada beberapa candi yang saling berhubungan di sekitar Candi Banyunibo.

 

9. Candi Brahu – Mojokerto, Jawa Timur

Candi Brahu yang terletak di reruntuhan Troulan, ibu kota kerajaan Majapahit, merupakan bangunan Budha yang dibangun dengan batu bata merah. Dilihat dari prasasti yang ditulis oleh Mpu Sendok, candi Budha ini merupakan tempat dikremasinya abu raja, namun menurut penelitian tidak ditemukan bekas abu tersebut di dalam aula candi.

BACA JUGA:Ini Perbedaan Siginifikan Kinerja Mesin Menggunakan Busi Iridium dan Busi Racing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber