Mengapa Mesin Motor Susah Dinyalakan? Inilah 5 Penyebab Umum dan Solusi yang Dapat Dilakukan Pengendara!

Mengapa Mesin Motor Susah Dinyalakan? Inilah 5 Penyebab Umum dan Solusi yang Dapat Dilakukan Pengendara!

Mengapa Mesin Motor Susah Dinyalakan? Inilah 5 Penyebab Umum dan Solusi yang Dapat Dilakukan Pengendara!-senivpetro-freepik

Periksa kondisi pengisian listrik yang ada di dalamnya, apakah masih aman atau terdapat masalah yang membuat listrik menjadi tidak tersalurkan dengan baik.

BACA JUGA:Januari-Februari 2024, Produksi Beras Diprediksi Masih Defisit, Pemerintah Akan Impor Lagi

Jika terdapat masalah, maka aki dapat menjadi drop dan suplai energi menjadi terganggu. Pengendara perlu menggantinya dengan aki baru yang dapat berfungsi secara optimal dan stabil.

Permasalahan Pada Busi

Komponen busi yang mengalami kerusakan dapat menjadi salah satu faktor penyebab sepeda motor menjadi susah untuk dinyalakan, umumnya ini dikarenakan masa pakainya yang telah habis.

Pengendara perlu melakukan pemeriksaan terhadap kondisi busi motor, apabila telah tampak longgar atau berwarna hitam pekat berarti kondisi dari busi sudah tidak bagus.

Segera ganti busi tersebut dengan busi yang baru agar dapat berfungsi secara optimal dan membuat sistem pengapian sepeda motor tetap berjalan normal.


Mengapa Mesin Motor Susah Dinyalakan? Inilah 5 Penyebab Umum dan Solusi yang Dapat Dilakukan Pengendara!-freepik-freepik

Lalu, jika ternyata permasalahannya terletak pada kabel busi, maka bagian tersebut juga perlu untuk diganti dengan yang baru.

Terjadi Korsleting Pada Sistem Kelistrikan

Penyebab sepeda motor susah untuk dinyalakan juga dapat disebabkan karena adanya masalah korsleting pada sistem kelistrikan sepeda motor, khususnya pada bagian starter.

Hal ini dapat terjadi dikarenakan letak posisi dari terminal starter yang cukup berdekatan dengan logam mesin.

Untuk mengetahui penyebab tersebut, maka pengendara dapat mengecek bagian tersebut. Jika terdapat bekas terbakar, maka itu dapat menjadi tanda bahwa terjadi korsleting yang membuat mesin menjadi tidak dapat menyala.

Jika hal tersebut terjadi maka segera bersihkan bagian tersebut, karena biasanya akan menimbulkan kerak yang cukup terlihat.

BACA JUGA:Tampilan Futuristik Lexus Memperkenalkan Konsep LBX Morizo RR pada Tokyo Auto Salon 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber