Mengapa Mesin Motor Susah Dinyalakan? Inilah 5 Penyebab Umum dan Solusi yang Dapat Dilakukan Pengendara!

Mengapa Mesin Motor Susah Dinyalakan? Inilah 5 Penyebab Umum dan Solusi yang Dapat Dilakukan Pengendara!

Mengapa Mesin Motor Susah Dinyalakan? Inilah 5 Penyebab Umum dan Solusi yang Dapat Dilakukan Pengendara!-senivpetro-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Mesin motor susah untuk dinyalakan mungkin hampir pernah dialami oleh seluruh pengendara sepeda motor.

Terdapat beberapa penyebab motor susah untuk dinyalakan, penyebab tersebut perlu diketahui untuk mengatasinya dengan solusi yang tepat.

Dengan mengetahui penyebab dari permasalahan tersebut, maka pengendara dapat lebih tenang jika mengalami kendala yang satu ini dan dapat menemukan solusinya.

Jika pengendara sedang mengalami kendala sepeda motor yang susah hidup pada saat akan berangkat kerja atau saat sedang terburu-buru, tentu hal ini akan sangat mengganggu.

BACA JUGA:Menang Atas Perserang, Pemain Sriwijaya FC Banjir Bonus

Namun, jika pengendara mengetahui penyebab dan solusinya tentu akan menjadi lebih mudah untuk mengatasinya dengan tepat.

Berikut ini beberapa penyebab dan solusi yang umum terjadi pada sepeda motor yang susah untuk dinyalakan.

Permasalahan Pada Bagian Aki

Aki berfungsi sebagai penyuplai dan penyimpan energi listrik yang nantinya akan digunakan untuk berbagai kinerja mesin.

Namun, komponen tersebut terkadang menjadi masalah umum yang dialami oleh berbagai jenis dan tipe sepeda motor.


Mengapa Mesin Motor Susah Dinyalakan? Inilah 5 Penyebab Umum dan Solusi yang Dapat Dilakukan Pengendara!-freepik-freepik

Apabila tegangannya kurang, maka akan berdampak buruk terhadap berbagai komponen lainnya, kinerja dari mesin dan sistem kelistrikan dapat terganggu.

Salah satu dampak yang sering terjadi yaitu mesin motor menjadi susah menyala. Aki yang melemah akan menimbulkan masalah pada sistem starter, sehingga pengendara akan mengalami kesulitan pada saat menyalakan mesin motor.

Untuk mengatasi hal tersebut, pengendara bisa menggunakan kick starter hingga mencapai 450 RPM. Namun, apabila mesin motor masih belum dapat menyala dengan cara tersebut, maka perlu untuk mengecek pengisian pada komponen tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber