Hadir Sebagai Teknologi Baru, Ternyata Inilah Perbedaan Antara Jaringan 4G dan Jaringan 5G!

Hadir Sebagai Teknologi Baru, Ternyata Inilah Perbedaan Antara Jaringan 4G dan Jaringan 5G!

Hadir Sebagai Teknologi Baru, Ternyata Inilah Perbedaan Antara Jaringan 4G dan Jaringan 5G!-rawpixel-freepik

BACA JUGA:Apakah Kehadiran Jaringan 5G Memberikan Manfaat? Inilah 4 Fakta Menarik yang Dimiliki Oleh Teknologi 5G!

4G LTE menjadi standar teknologi jaringan seluler 4G yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Lalu pada tahun 2013 terdapat teknologi 4G+ atau LTE-A (Advanced), teknologi ini merupakan versi advance dari teknologi LTE.

Pada tahun 2018, jaringan 5G pertama kali diperkenalkan, teknologi ini dapat memungkinkan konektivitas menjadi lebih baik untuk perangkat IoT (Internet of Things) dan memungkinkan penggunaan teknologi baru seperti Augmented Reality (AR).

Jaringan 5G sendiri merupakan teknologi jaringan seluler generasi berikutnya yang menawarkan kecepatan dan latensi yang lebih baik daripada jaringan sebelumnya. 

Lalu, apa saja sih perbedaan antara jaringan 4G dan jaringan 5G. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai beberapa perbedaan dan perbandingan antara jaringan 4G dan jaringan 5G.


Hadir Sebagai Teknologi Baru, Ternyata Inilah Perbedaan Antara Jaringan 4G dan Jaringan 5G!-rawpixel-freepik

Kekuatan Sinyal

Perbedaan pertama antara kedua jaringan ini yaitu terletak pada kekuatan sinyalnya. Dengan menggunakan gelombang yang lebih pendek, jaringan 5G mempunyai distribusi sinyal yang lebih baik, lebih terarah, dan tidak menimbulkan gangguan.

Hal ini cukup berbeda dengan jaringan 4G yang mempunyai distribusi sinyal tidak teratur, juga dapat membuang energi dan daya pemancar.

Kecepatan Maksimal

Dibandingkan dengan jaringan 4G, jaringan 5G ini menawarkan bandwidth dan kapasitas yang jauh lebih besar dan lebih tinggi.

Secara teori kecepatan maksimal dari jaringan 4G yaitu pada kisaran 300 Mbps. Jika dibandingkan dengan jaringan 5G yang umumnya mempunyai kecepatan yang mampu mencapai hingga 1 Gbps. 

BACA JUGA:7 Kebiasaan Tanpa Disadari Makanan Tidak Sehat yang Sebaiknya Dihindari

Dapat dikatakan bahwa jaringan 5G mempunyai kecepatan lebih dari 3 kali lipat dibandingkan kecepatan jaringan 4G.

Bahkan perusahaan teknologi seperti Huawei mengklaim bahwa telah menciptakan sebuah modem 5G dengan kecepatan maksimal yang mencapai hingga 6,5 Gbps.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber