Hadir Sebagai Teknologi Baru, Ternyata Inilah Perbedaan Antara Jaringan 4G dan Jaringan 5G!

Hadir Sebagai Teknologi Baru, Ternyata Inilah Perbedaan Antara Jaringan 4G dan Jaringan 5G!

Hadir Sebagai Teknologi Baru, Ternyata Inilah Perbedaan Antara Jaringan 4G dan Jaringan 5G!-rawpixel-freepik

PALEMBANG.PALTV.CO.ID- Dengan perkembangan yang semakin pesat hadir sebuah teknologi yang dikenal dengan telepon seluler yang didukung oleh jaringan CDMA, jaringan 3G hingga jaringan 4G LTE.

Dari perkembangan tersebut saat ini hadir generasi kelima dari jaringan yaitu jaringan 5G. Indonesia saat ini juga sedang mengalami transisi jaringan internet menuju jaringan generasi kelima tersebut. 

Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang menyediakan layanan ini pada bulan Mei tahun 2021 dan terus mengalami perkembangan yang baik.

Teknologi ini dianggap akan mampu membantu percepatan transformasi sosial ekonomi dan budaya secara digital.

BACA JUGA:3 Budaya Jepang yang Unik untuk Sambut Bulan-Bulan yang Bermakna

Salah satu keunggulan dari jaringan ini yaitu kecepatan transfer data yang tinggi dan latensi yang rendah.

Implementasi dari jaringan 5G diharapkan dapat memberikan pengalaman streaming dan mengunduh video yang cepat, lancar, dan instan.

Kehadiran teknologi 5G ini memiliki tujuan untuk memberikan kemudahan kepada para pengguna dalam hal kecepatan data, latensi yang rendah, koneksi jaringan yang luas, dan kapasitas jaringan yang tinggi.

Dengan teknologi 5G ini para penggunanya dapat melakukan aktivitas yang berhubungan dengan internet menjadi lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 4G LTE yang saat ini masih menjadi andalan.


Hadir Sebagai Teknologi Baru, Ternyata Inilah Perbedaan Antara Jaringan 4G dan Jaringan 5G!-freepik-freepik

Perkembangan jaringan seluler dari 4G ke 5G merupakan hasil inovasi teknologi dan standarisasi internasional yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kecepatan, latensi, kapasitas, dan keterhubungan perangkat dengan jaringan seluler.

Pada tahun 2008, jaringan 4G pertama kali dikenalkan sebagai teknologi jaringan seluler berbasis IP (Internet Protocol) yang lebih efisien dan cepat.

Kelebihan dari jaringan 4G ini yaitu pengguna bisa menikmati layanan internet, video, dan data lebih lancar daripada teknologi yang sebelumnya.

Pada tahun 2010, diperkenalkan teknologi Long-Term Evolution (LTE). LTE ini merupakan teknologi jaringan seluler yang dikembangkan sebagai versi dari 4G, atau lebih dikenal dengan 4G LTE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber