Apa itu Jaringan 5G? Lalu, Apakah Jaringan 5G Sudah Ada di Indonesia?

Apa itu Jaringan 5G? Lalu, Apakah Jaringan 5G Sudah Ada di Indonesia?

Apa itu Jaringan 5G? Lalu, Apakah Jaringan 5G Sudah Ada di Indonesia?-freepik-freepik

Hal ini disebabkan karena masih minimnya infrastruktur yang dimiliki oleh para penyedia jaringan seluler yang ada di Indonesia.

Menuju Jaringan 5G untuk Indonesia

Menurut Laporan Global Suppliers Association (GSA) hingga akhir 2021, setidaknya terdapat 89 negara yang telah mengimplementasikan 5G.

BACA JUGA:Stang Jepit, Bikin Motor Makin Ganteng Tapi Ada Harga yang Harus Dibayar

Untuk kawasan Asia, Tiongkok masih tercatat sebagai negara dengan koneksi jaringan 5G terbanyak mencapai lebih dari 384 juta pengguna, disusul Jepang dengan 25,15 juta pengguna, dan Korea Selatan sebanyak 16,1 juta pengguna.

Sementara di Indonesia, sejak beroperasi komersial pada bulan Mei tahun 2021. Jaringan 5G di Indonesia setidaknya baru tersedia pada 9 wilayah di Indonesia yakni: Jabodetabek, Solo, Medan, Balikpapan, Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, dan Denpasar.

Cakupan wilayah tersebut tentunya diproyeksikan untuk dapat terus bertambah pada masa yang akan mendatang.

Bukan hanya dapat memperlancar akses internet, jaringan 5G juga mampu memberikan kontribusi yang lebih bagi sektor perekonomian dan investasi.

BACA JUGA:Bore Up atau Stroke Up? Pahami Perbedaannya Sebelum Modifikasi Mesin Motor

Kemampuan Jaringan 5G Indonesia

Kecepatan rata-rata internet menggunakan jaringan 5G di Indonesia telah mencapai 64,3 Mbps untuk kecepatan mengunduh dan 19,6 Mbps untuk kecepatan mengunggah.

Merujuk laporan OpenSignal dalam kurun waktu 1 Februari hingga 1 Mei 2022, angka kecepatan internet di Indonesia masih kalah jauh dibandingkan dengan negara Korea Selatan yang mencapai rata-rata 449,31 Mbps untuk mengunduh dan 36,1 Mbps untuk mengunggah.

Meskipun masih kalah dibandingkan negara-negara lain, penerapan layanan jaringan 5G di Indonesia tentunya akan terus dikembangkan dan ditingkatkan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kondisi perkembangan dan persebaran dari jaringan 5G yang ada di Indonesia untuk saat ini.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber