Apa itu Jaringan 5G? Lalu, Apakah Jaringan 5G Sudah Ada di Indonesia?

Apa itu Jaringan 5G? Lalu, Apakah Jaringan 5G Sudah Ada di Indonesia?

Apa itu Jaringan 5G? Lalu, Apakah Jaringan 5G Sudah Ada di Indonesia?-freepik-freepik

Teknologi jaringan 5G ini mampu memberikan kecepatan data puncak multi-Gbps (billions of bits per second) yang lebih tinggi dan juga mempunyai tingkat latensi yang sangat rendah.

BACA JUGA:LENKA HIRO! Vespa Listrik Bertenaga 1200 Watt yang Cocok untuk Semua Kalangan

Oleh karena itu, internet dengan menggunakan jaringan 5G akan jauh lebih dapat diandalkan karena mempunyai kapasitas jaringan yang masif.

Jaringan 5G ini akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih seragam, empowering pengguna baru, dan dapat menghubungkan industri-industri kontemporer.

Bagi masyarakat umum, jaringan 5G ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan cara penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari.

Jaringan ini tentunya akan membuat sejumlah aktivitas seperti panggilan video, streaming, gaming, dan mengunduh berkas yang berukuran besar dapat menjadi semakin cepat dan mulus.



Apa itu Jaringan 5G? Lalu, Apakah Jaringan 5G Sudah Ada di Indonesia?-starline-freepik

Saat ini hampir seluruh dunia sedang melakukan transisi dari jaringan 4G  menuju jaringan 5G. Jaringan 5G merupakan antarmuka udara terpadu yang lebih mumpuni jika dibandingkan dengan para pendahulunya.

Penggunaan internet dengan jaringan 5G menjanjikan kecepatan data yang jauh lebih cepat, kepadatan koneksi lebih tinggi, latensi yang lebih rendah, penghematan energi, dan lain-lain.

Kondisi Jaringan 5G di Indonesia

Berdasarkan informasi dari Kominfo, jaringan 5G resmi tersedia di Indonesia sejak bulan Mei tahun 2021.

Wilayah yang sudah bisa merasakan jaringan 5G di Indonesia ini juga belum banyak. Baru terdapat 9 daerah yaitu: Jabodetabek, Bandung, Batam, Surabaya, Balikpapan, Makassar, Surakarta, Denpasar, dan Medan.

BACA JUGA:Oli Rembes, Jangan Panik! Ini Cara Gampang Mengatasinya Tanpa Bongkar Mesin

Cakupan wilayah ini tergolong sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah seluruh provinsi, kabupaten, dan kota yang ada di Indonesia.

Komersialisasi internet jaringan 5G secara besar-besaran tampaknya masih belum mungkin dilakukan di Indonesia untuk saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber