Pimpin Apel Kesiapan Siaga Banjir 2024, Ratu Dewa Ingatkan Action Bukan Cuma Formalitas

Pimpin Apel Kesiapan Siaga Banjir 2024, Ratu Dewa Ingatkan Action Bukan Cuma Formalitas

Pj Walikota Palembang Ratu Dewa ingatkan action bukan cuma formalitas dalam Apel Kesiapan Siaga Banjir 2024, Kamis (4/1/2024).-Sandy Pratama-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Hadapi potensi banjir pada musim penghujan di kota Palembang, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa pada Kamis pagi, 4 Januari 2024, memimpin apel gabungan Gelar Kesiapan Siaga Banjir Tingkat Kota Palembang tahun 2024, di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB).

Dalam apel gabungan tersebut, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa memastikan kesiapan baik dari sisi personel, peralatan, dan pemetaan titik rawan banjir.

Usai apel, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa mengatakan apel ini merupakan bentuk sinergi antara Pemerintah Kota Palembang, TNI, Polri, serta Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, dalam penanganan banjir di Palembang.

Seperti diketahui, pada 30 Desember 2023 lalu, terdapat 113 titik genangan di Palembang. Berdasarkan pendataan oleh Dinas PUPR Palembang, pada tanggal 4 Januari 2024 ini terdapat sekitar 37 titik genangan.

BACA JUGA:Pemeriksaan Kesehatan yang Tidak Boleh Diabaikan Oleh Wanita Berusia 30-an


Apel ini sendiri diharapkan bukan hanya kegiatan formalitas, dan para petugas diminta untuk benar-benar action di lapangan, Kamis (4/1/2024).-Sandy Pratama-PALTV

Guna menangani hal tersebut dan mengantisipasi potensi banjir ke depan, diperlukan kerja sama dengan berbagai pihak.

Apel ini sendiri diharapkan bukan hanya kegiatan formalitas, dan para petugas diminta untuk benar-benar action di lapangan.

"Pada pagi ini kita apel kesiapsiagaan bencana banjir. Ini merupakan bentuk sinergi, karena hadir dari Dandim 0418, TNI, Polri, termasuk seluruh kekuatan yang ada, dari pihak Balai dan juga dari Pemerintah Provinsi, semua yang terkait hadir di sini. Ini sinergi untuk mengatasi banjir. Pada 30 Desember lalu, ada 113 titik genangan banjir, dan pada tanggal 4 ini menurut survei yang dilakukan PUPR ada tersisa 37 titik genangan. Satu hal saya minta, jangan sekedar kegiatan formalitas tetapi harus ada action di lapangan," kata Pj Walikota Palembang Ratu Dewa.

Ditambahkan Ratu Dewa, untuk penanganan potensi banjir tahun 2024 ini, Pemerintah Kota Palembang didukung dua mobil pompa dan sejumlah perahu karet dukungan dari pihak BBWS, Pemprov Sumsel, dan Kodim 0418 Palembang.

BACA JUGA:Inovasi Terbaru dalam Pengelolaan Wisata Alam Taman Nasional Way Kambas Lampung


Pj Walikota Palembang Ratu Dewa memastikan kesiapan baik dari sisi personel, peralatan, dan pemetaan titik rawan banjir, Kamis (4/1/2024).-Sandy Pratama-PALTV

Sementara untuk personel akan dikerahkan sebanyak 600 orang yang dibagi menjadi 8 tim, dalam mengantisipasi banjir di 18 Kecamatan Kota Palembang.

"Ya ada pompa. Alhamdulillah, support dari pihak Balai maupun Pemprov Sumsel. Termasuk dari pihak Dandim sendiri ada beberapa bantuan perahu karet. Ada lebih kurang ada 600 personel yang akan dibagi dalam 8 tim," tutup Ratu Dewa.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv