Kondisi Saluran Air Picu Banjir di Jalan Karya Baru

Kondisi Saluran Air Picu Banjir di Jalan Karya Baru

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda periksa saluran air yang memicu banjir di Jalan Karya Baru, Sabtu, 15 April 2023.-Abidin Riwanto-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Titik permasalahan banjir satu per satu telah terdeteksi. Saluran drainase yang tidak baik, menjadi akar permasalahan banjir yang ada di Kota PALEMBANG. Seperti yang terjadi di Jalan Karya Baru di Kecamatan Alang Alang Lebar.

Penyempitan saluran air akibat sedimentasi, beberapa bangunan yang menghalangi laju air, serta semak belukar akibat aliran sungai yang belum terpasang, sehingga tumbuhan liar pun memenuhi saluran dan menghambat laju air.

Sebagai langkah awal, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda akan siapkan petugas untuk menormalisasi saluran pembuangan. Selain itu, Pemkot Palembang menunggu kesepakatan warga yang mau merelakan sedikit lahannya untuk pembuatan saluran dan bak kontrol.

Imbas dari sumbatan banjir di Jalan Karya Baru RT 03 Komplek Arofatunah, banjirpun hingga ke ruas jalan utama yakni Jalan Kolonel H Burlian.

BACA JUGA:Kerap Telan Korban Jiwa, Charma Aprianto Tampal Belasan Lubang di Jalan Noerdin Pandji

BACA JUGA:Reses DPRD Kota Palembang Dapil III Serap Langsung Aspirasi dan Harapan Rakyat


Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda akan siapkan petugas untuk menormalisasi saluran pembuangan, Sabtu, 15 April 2023.-Abidin Riwanto-PALTV

Untuk mengatasi banjir, Pemerintah Kota Palembang juga meminta dukungan peran dari masyarakat kota Palembang. Fitrianti meminta warga tidak membuang sampah sembarangan ke saluran air maupun sungai, rutin gotong royong membersihkan lingkungan tempat tinggal serta tidak mendirikan bangunan di atas saluran air.

Upaya lainnya untuk mengatasi permasalahan banjir di wilayah Kota Palembang, Pemkot Palembang akan menambah kolam retensi, mengoptimalkan pompanisasi serta menggencarkan program gotong royong secara serentak di 18 Kecamatan di Kota Palembang.

Untuk saat ini, titik wilayah langganan rawan banjir yakni di Simpang Polda, Sekip, Kawasan Pipa Reja, dan beberapa titik lainnya di Kota Palembang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv