Mengenal Sistem kerja Kopling Terdapat Pada Sepeda Motor

Mengenal Sistem kerja Kopling Terdapat Pada Sepeda Motor

Mengenal Jenis dan Bagian-Bagian Dari Kopling yang Terdapat Pada Sepeda Motor--Foto : Freepik.com/freepik

Sistem Kopling Sentrifugal

Sistem kopling ini biasanya disebut juga dengan kopling otomatis. Kopling sentrifugal tidak menggunakan gesekan antara kedua plat kopling, tetapi menggunakan gesekan antara kampas kopling dan rumah kopling.

BACA JUGA: 5 Kelebihan Motor Kopling yang Tidak Dimiliki Oleh Jenis Sepeda Motor Lainnya!

Kampas kopling mampu menempel dan juga mampu merenggang dengan rumah kopling secara otomatis sesuai dengan RPM mesin.

Saat RPM mesin sedang naik atau sedang digas, kopling akan terhubung dan sepeda motor menjadi dapat berjalan.

Sistem ini diterapkan pada motor matic, lokasinya terletak di dekat axle roda belakang setelah unit CVT. Kopling ini akan memutuskan dan menyambungkan tenaga dari driven pully CVT ke as roda.


Umumnya tuas kopling ini terletak pada tuas setang sebelah kiri--Foto : Freepik.com/@arthurhidden

 

Sistem Kopling Ganda

BACA JUGA:Ini Nih 3 Tips Mengatasi Pak Kopling Motor Cepat Habis dan Kendala yang Timbul

Sistem kopling ganda memiliki arti bahwa sistem ini mempunyai dua unit kopling (double clutch) sekaligus.

Terdapat sebuah kopling sentrifugal yang diletakkan setelah poros engkol sebagai kopling primer, dan satu unit kopling manual yang diletakkan di depan transmisi sebagai kopling sekunder.

Setiap unit tersebut mempunyai fungsinya masing-masing, kopling primer memiliki tugas untuk memutuskan tenaga mesin pada saat RPM rendah dan menyambungkan tenaga mesin pada saat RPM naik secara otomatis.

Sementara kopling sekunder memiliki fungsi untuk memutuskan tenaga pada saat terjadi perpindahan gigi.

BACA JUGA:Jangan Panik ! ini Cara Mengatasi Masalah Kopling yang Rusak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber