Mengenal Sistem kerja Kopling Terdapat Pada Sepeda Motor

Mengenal Sistem kerja Kopling Terdapat Pada Sepeda Motor

Mengenal Jenis dan Bagian-Bagian Dari Kopling yang Terdapat Pada Sepeda Motor--Foto : Freepik.com/freepik

 

Secara ringkas mekanisme kerja kopling yaitu putaran mesin dari poros engkol diteruskan oleh kopling menuju transmisi dan menuju roda belakang pada saat kampas kopling dan plat kopling merapat.

Namun, putaran mesin dari poros engkol yang menuju transmisi akan terputus apabila kampas kopling merenggang.

Tipe kopling ini banyak digunakan pada jenis motor bebek dengan transmisi manual yang tidak mempunyai tuas kopling.

Secara umum jenis kopling ini lebih mudah digunakan karena tidak perlu untuk melakukan tarik ulur tuas kopling, pengendara cukup menghidupkan mesin kemudian masukkan gigi lalu tarik gas pada sepeda motor.

BACA JUGA:Rahasia Mengendarai Motor dengan Kopling di Tanjakan: Trik Jitu Mengandalkan Rem Belakang!


Kopling terdiri atas dua bagian utama yaitu rumah kopling dan pusat kopling--Foto : Freepik.com/@pressfoto

 

Bagian-Bagian Pada Kopling

Kopling terdiri atas dua bagian utama yaitu rumah kopling dan pusat kopling. Sementara untuk meneruskan perputaran rumah kopling ke pusat kopling menggunakan susunan plat gesek.

Susunan plat gesek ini sering juga disebut sebagai kampas kopling dan plat–plat baja (plat kopling/plat tekan) yang saling bersentuhan.

Terdapat beberapa bagian yang terdapat pada kopling diantaranya: rumah kopling, pusat kopling, plat-plat gesek, dan plat-plat baja.

BACA JUGA:Pentingnya Mengecek Kondisi Mobil dan Kopling Sebelum Berlibur

Rumah kopling (clutch outer drum) merupakan bagian yang ikut berputar dengan poros engkol yang digerakkan pada ujung poros engkol.

Lalu terdapat pusat kopling (clutch center) yang dipasang pada ujung poros utama perseneling dan plat-plat gesek (friction plate) yang mengikuti gerak memutar pada rumah kopling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber