Pentingnya (PJU) Penerangan Jalan Umum dalam Infrastruktur Kota: Keutamaan dan Dampak Kekurangannya

Pentingnya (PJU) Penerangan Jalan Umum dalam Infrastruktur Kota: Keutamaan dan Dampak Kekurangannya

Pentingnya (PJU) Penerangan Jalan Umum dalam Infrastruktur Kota: Keutamaan dan Dampak Kekurangannya--freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Lampu jalan, meskipun sering dianggap sebagai elemen infrastruktur kota yang sederhana, sebenarnya memiliki peran yang sangat vital dalam kehidupan sehari-hari. 

Fungsi utamanya bukan hanya untuk memberikan penerangan di malam hari, tetapi juga memiliki dampak yang signifikan terhadap keselamatan, keamanan, dan kemajuan suatu kota. 

Artikel ini akan membahas keutamaan dari lampu jalan dan dampak yang mungkin timbul jika penerangan jalan tidak memadai.

Mengutip dari pupr.ngawikab.go.id, Penerangan Jalan Umum atau disingkat PJU merupakan sistem pencahayaan yang digunakan untuk memberikan penerangan pada jalanan pada saat malam hari. 

BACA JUGA:Wabah Ebola di Uganda Terhenti, Masyarakat Uganda Bisa Menghirup Udara Segar

Tujuan utama dari pencahayaan ini adalah untuk membantu pengguna jalan dalam melihat dengan lebih baik jalan yang mereka lewati pada waktu malam.

Tujuan lainnya adalah meningkatkan tingkat keselamatan dalam lalu lintas dan menciptakan rasa aman bagi pengguna jalan. Berikut ini beberapa keutamaan lampu jalan:

1. Keselamatan Pengguna Jalan

Penerangan jalan yang memadai memainkan peran kunci dalam meningkatkan keselamatan pengguna jalan. Lampu jalan yang terang membantu pengemudi, pejalan kaki, dan pengguna sepeda melihat jalan dengan jelas, mengurangi kemungkinan kecelakaan seperti tabrakan atau tertabrak.

BACA JUGA:5 Kelebihan dan Kekurangan Memakai Kompor Portable Bagi Mahasiswa

Pentingnya (PJU) Penerangan Jalan Umum dalam Infrastruktur Kota: Keutamaan dan Dampak Kekurangannya--freepik

2. Pencegahan Kriminalitas

Penerangan jalan yang baik dapat mengurangi peluang terjadinya kejahatan. Jalan yang gelap cenderung menjadi tempat yang nyaman bagi aktivitas kriminal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber