KPU OKU Selatan Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

KPU OKU Selatan Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

KPU OKU Selatan gelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024, Selasa (26/12/2023).-Sri Fitriyana-PALTV

OKU SELATAN, PALTV.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU Selatan melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2024 di TPS 01, Desa Rantau Panjang Kecamatan Buay Rawan Kabupaten OKU Selatan pada hari Selasa, 26 Desember 2023.

Simulasi ini terbagi dalam 6 tahap dimulai dari persiapan pemungutan suara, pemungutan suara, penghitungan suara, pelaksanaan penghitungan suara, serta penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap).

Simulasi dimulai dari pemungutan, penghitungan, hingga rekapitulasi suara dilakukan oleh KPU OKU Selatan secara riil layaknya pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024 nanti.

Ketua KPU OKU Selatan Zarnubi mengatakan, pelaksanaan simulasi pemungutan suara dimulai sejak pukul 08:00 WIB hingga 13:00 WIB. Setelah itu langsung dilakukan penghitungan dan rekapitulasi suara.

BACA JUGA:Seorang IRT di Palembang Dipukul Mertua Sendiri Gara-gara Ini!

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan adanya simulasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait penggunaan hak pilihnya pada 14 Februari 2024.

"Pada simulasi ini, masyarakat yang telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) diberikan pemahaman mulai dari pembagian surat suara, masuk ke bilik suara, memasukkan surat suara ke kotak suara, hingga jari dicelupkan tinta,” jelasnya.


Simulasi KPPS membuka kotak suara dan penghitungan surat suara, Selasa (26/12/2023).-Sri Fitriyana-PALTV

Zarnubi juga mengatakan, simulasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada penyelenggara Pemilu. Baik dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Dilibatkannya PPK dan PPS ini, mengingat mereka nantinya akan menjadi ujung tombak menyampaikan informasi kepada KPPS di masing-masing TPS, tentang alur dan mekanisme hingga tata cara pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi perolehan suara,” tandasnya.

BACA JUGA:Dinesti Land, Wahana Waterboom Terbesar di Sumatera Selatan Ada di Kayuagung

Pantauan media ini di lapangan, pada simulasi ini pihak KPU OKU Selatan menggunakan surat suara dan nama buah-buahan.

Dalam simulasi ini juga pemilih mencoblos lima contoh surat suara, mulai dari capres-cawapres, Anggota DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv