Harga Karet di Sosoh Buaya Rayap OKU Mulai Merosot, Petani Mengeluh

Harga Karet di Sosoh Buaya Rayap OKU Mulai Merosot, Petani Mengeluh

Petani mengeluhkan harga karet di Kecamatan Sosoh Buaya Rayap terus merosot.-Ari Pranika-PALTV

OKU, PALTV.CO.ID - Musim hujan di penghujung tahun 2023, harga karet di Kecamatan Sosoh Buaya Rayap Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) merosot.

Selain faktor hujan, penurunan harga getah karet juga disebabkan makin dekatnya perayaan Natal dan Tahun Baru.

Menurut Mardianto salah satu petani karet di Kecamatan Sosoh Buaya Rayap, penurunan harga getah karet kali ini merosot hingga Rp400 dalam jangka waktu kurang dari sepekan.

Di mana sebelumnya harga getah karet berkisar  Rp9.700 per kilogram, kini turun menjadi Rp9.300 per kilogram untuk harga getah karet umur satu mnggu.

BACA JUGA:Makam Keramat Panjang Tempat Wisata Religi di Banyuasin

"Kalau harga getah karet jelang Natal dan tahun baru alami penurunan harga. Yang semula Rp9.700 kini menjadi Rp9.300 atau turun Rp400," ujar Mardianto.

Selain harga yang mulai merosot, petani juga dihadapkan dengan Kendala cuaca. Para petani sering tak bisa menyadap karetnya karena diguyur hujan seharian.

"Kalau dipaksakan menyadap nanti batang karetnya bisa mati getah. Dari pada merugi lebih banyak mendingan istirahat. Namun kalau istirahat pendapatan kami juga kurang," keluh Mardianto. 

Dikatakan Mardianto kalau kebun karet milik sendiri harga tersebut masih cukup ideal. Namun kalau buruh sadap karet harga tersebut sudah mengkuatirkan, karena hasil yang didapat hanya sepertiga dari hasil getah yang diperoleh.

BACA JUGA:Ombudsman Perwakilan Sumsel Tegaskan Ambil Langkah yang Serius Atasi Pungli di Sekolah

Hal itu belum lagi kerugian petani saat selesai menyadap turun hujan, di mana getah karet yang belum membeku hanyut terbawa derasnya hujan.

"Kami berharap harga getah karet mingguan di atas Rp10.000 per kilogram. Apalagi harga pupuk juga masih tinggi, jadi kurang seimbang antara pendapatan dan pengeluaran untuk biaya produksi getah karet," pungkasnya.

Sementara untuk harga karet 2 mingguan saat ini dihargai sekitar Rp11.200 per kilogram, hanya berselisih sedikit harga dengan karet mingguan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv