Tradisi Bubur Suro Ramaikan Ramadan di Palembang

Tradisi Bubur Suro Ramaikan Ramadan di Palembang

Tradisi Bubur Suro di Masjid Al Mahmudiyah atau Masjid Suro di Kelurahan 30 Ilir Kota Palembang.-Sandy Pratama-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kota PALEMBANG memiliki beragam tradisi unik saat bulan suci Ramadan. Salah satunya adalah tradisi Bubur Suro, yang hanya bisa ditemui di masjid Al Mahmudiyah atau yang lebih dikenal dengan nama Masjid Suro, di kawasan Kelurahan 30 Ilir PALEMBANG.

Menurut pengurus Masjid Suro, Kiagus Abdul Rasyid Naning, Bubur Suro merupakan bubur daging yang dibuat di kelurahan 30 Ilir Suro. Tradisi Bubur Suro sendiri sudah berlangsung berpuluh-puluh tahun.

Pembuatan Bubur Suro hanya dilakukan dua kali dalam setahun, yakni ketika memperingati 10 Muharam serta selama bulan suci Ramadan. Bubur Suro dibagikan secara gratis sebagai menu berbuka puasa masyarakat.

“Bubur daging Bubur Suro dibuat di Kelurahan 30 Ilir Suro. Jadi bubur ini sudah berpuluh-puluh tahun. Jadi setiap tahun kita adakan dua kali, jadi kalau bulan Ramadan selama 29 sampai 30 hari. Kita berikan kepada yang datang untuk berbuka dan kepada masyarakat umum di sekitar masjid,” jelas Kiagus Abdul Rasyid Naning.

BACA JUGA:Kasat Lantas Polresrabes Palembang Tegaskan Duit yang Diterima Anggota di Pos Cinde untuk Pembayaran Briva

BACA JUGA:Polda Sumsel Siap Amankan Sumsel Selama 14 Hari dalam Operasi Ketupat Musi 2023


Selama Ramadan, pengurus Masjid Al Mahmudiyah menyiapkan sekitar 150 porsi Bubur Suro untuk masyarakat sekitar berbuka puasa.-Sandy Pratama-PALTV

Sementara itu salah satu warga, Nurhasanah mengatakan, dirinya setiap tahun mengikuti pembagian Bubur Suro, karena rasanya yang gurih dan enak. Selain itu, keberadaan Bubur Suro juga sudah menjadi tradisi.

“Setiap tahun di sini ada pembagian bubur. Rasanya gurih ada rasa-rasa sapi pokoknya enak, memang setiap tahun di sini tradisi,” singkat Nurhasanah.


Menjelang waktu berbuka puasa, warga mulai antri untuk mendapatkan Bubur Suro di Masjid Al Mahmudiyah, Palembang.-Sandy Pratama-PALTV

Pada bulan suci Ramadan, dalam satu hari biasanya Bubur Suro yang dibuat mencapai 150 porsi. Sementara untuk membuatnya dibutuhkan bahan berupa lima kilogram beras yang sebelumnya sudah direndam selama lima jam, dua kilogram daging sapi yang sudah dibumbuhi, irisan daun seledri, dan irisan daun bawang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv