CCTV! Alat Untuk Meningkatkan Keamanan Atau Malah Menjadi Ancaman?

CCTV! Alat Untuk Meningkatkan Keamanan Atau Malah Menjadi Ancaman?

CCTV! Alat Untuk Meningkatkan Keamanan Atau Malah Menjadi Ancaman?--pixabay

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Pernahkah kamu melihat sebuah CCTV di jalan, mall, stasiun, taman, rumah seseorang, dan juga di tempat umum lainnya? 

Bagaimana pendapatmu, apakah menurut kalian CCTV itu penting bagi masyarakat atau malah alat tersebut menjadi sebuah ancaman?

Ayo mengenal lebih jauh mengenai Closed Circuit Television atau yang biasa disebut dan dikenal dengan CCTV. Merupakan sebuah sistem pengawasan video yang digunakan melalui penggunaan kamera yang berfungsi untuk merekam dan juga memonitor aktivitas atau sebuah kejadian di suatu tempat.

CCTV biasanya digunakan untuk tujuan keamanan, pengawasan, dan juga pengendalian proses. Tanpa kita semua sadari, CCTV merupakan alat yang sangat berperan penting di dalam kehidupan kita loh! 

BACA JUGA:Antisipasi Lonjakan Pasien Jelang Nataru,Puskesmas Kutaraya Tambah Tim Medis Dan Siagakan Posko

Kok bisa sih? Kenapa ya? CCTV termasuk alat yang penting bagi kehidupan kita karena dapat membantu dalam meningkatkan kualitas pemantauan yang efektif dan bisa diandalkan.

Selain itu, CCTV juga bisa membantu dalam mengidentifikasi serta menangkap pelaku kejahatan apabila ada suatu kejadian di sekitar kita.

Tak hanya itu, CCTV juga bisa memainkan peran penting dalam memberikan rasa aman dan juga keyakinan kepada masyarakat. Bahkan saat ini, CCTV dapat dipantau langsung melalui ponsel pintar pribadi dan bisa dilihat langsung selama 24 jam.

Ada CCTV yang memerlukan memori untuk menyimpan, dapat dihapus manual atau juga dapat terhapus secara otomatis.


CCTV! Alat Untuk Meningkatkan Keamanan Atau Malah Menjadi Ancaman?--pixabay

BACA JUGA:Balai Diklat Keagamaan Palembang Resmi Gelar Rapat Koordinasi Wilayah Pelatihan 2023

Di dalam CCTV terdapat beberapa komponen di dalamnya, yaitu monitor dan kamera DVR atau NVR. Cara kerjanya yaitu kamera CCTV merekam seluruh video dan mengirimkannya ke NVR atau DVR.

Lalu, DVR atau NVR itu menyimpan rekaman video tersebut sehingga memungkinkan pengguna untuk melihat rekaman-rekaman tersebut melalui monitor.

Kamera CCTV bisa terhubung ke DVR atau NVR itu melalui kabel atau nirkabel. Saat ini ada beberapa jenis CCTV yang berbeda, yakni CCTV IP, analog, dan terakhir HD CCTV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber