Kenali Gejala Kanker Payudara, Simak Faktor-Faktor Pencegah Terjangkitnya Kanker Payudara

Kenali Gejala Kanker Payudara, Simak Faktor-Faktor Pencegah Terjangkitnya Kanker Payudara

Kenali gejala kanker payudara --Foto : unsplash.com/@ National Cancer Institute

BACA JUGA:Memahami Kanker Payudara Penyebab, Deteksi Dini, dan Pengobatan

1. Usia/umur

Wanita di atas 55 tahun  lebih mungkin terkena kanker payudara. Hal ini terjadi karena kemampuan mengatur sel menurun, organ tubuh tidak berfungsi, dan pertumbuhan sel  tidak normal. Dua dari tiga pasien kanker payudara adalah wanita berusia di atas 55 tahun.

Pada tahun 2013, prevalensi penyakit kanker pada penduduk Indonesia diperkirakan sebesar 1,4%, yaitu sekitar 347.792 jiwa. Angka kejadian kanker payudara pada perempuan Indonesia adalah 40 per 100.000 penduduk dan angka kematian 16,6  per 100.000 penduduk.

Faktor terpenting yang mempengaruhi terjadinya kanker payudara adalah usia. Orang yang lebih tua memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara dibandingkan orang yang lebih muda.

BACA JUGA:Payudara Kendur Setelah Menyusui? Moms Wajib Tahu, Jangan Salah Langkah Ya!


Faktor umur menjadi pemicu serangan kanker--Foto : unsplash.com/@ Matt Bennett

2. Sejarah keluarga 

Wanita yang mempunyai anggota keluarga yang mengidap kanker payudara mempunyai risiko lebih tinggi. Risiko seorang wanita terkena kanker payudara menjadi dua kali lipat jika dia memiliki ibu, bibi atau saudara perempuan yang mengidap kanker payudara.

Sedangkan risiko pada generasi berikutnya, misalnya ketika perempuan melahirkan anak, kemungkinannya tiga kali lebih besar dibandingkan ibu.

 

3. Gen 

Kanker yang berhubungan dengan faktor genetik antara lain kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker ovarium. Mutasi gen dalam keluarga diwariskan melalui pola pewarisan autosomal dominan. Artinya, setiap anak dari orang yang terkena dampak memiliki peluang 50% untuk mewariskan mutasi genetik ini.

Sekitar 5-10% kasus kanker payudara disebabkan oleh faktor genetik. Ada gen manusia normal  yang mengendalikan pertumbuhan tumor, yang disebut gen BRCA1 dan BRCA2. Ketika gen ini rusak atau bermutasi,  sel tidak dapat tumbuh, yang pada akhirnya mengarah pada berkembangnya sel kanker.

BACA JUGA:Selain Dapat Mencegah Kanker Payudara, Ini 4 Manfaat Lainnya Buah Nanas Bagi Kesehatan Wanita

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber