Tips dan Trik Menghindari Parkir Liar yang Meresahkan Konsumen Minimarket

Tips dan Trik Menghindari Parkir Liar yang Meresahkan Konsumen Minimarket

Tips dan trik menghindari parkir liar yang meresahkan konsumen minimarket.--Kolase instagram.com/@indomaret dan @yummychoice.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Anda mungkin tidak asing lagi dengan minimarket yang ada di Indonesia, seperti Indomaret dan Alfamart.

Bagaimana pengalaman Anda saat sesudah berbelanja dan ingin mendekati sepeda motor atau mobil di parkiran yang ada di depan minimarket tersebut?

Tentu akan sangat senang jika tidak ada kegiatan pungli di parkiran. Sering kali terlihat aksi premanisme yang terjadi di parkiran kawasan minimarket yang secara disengaja dan mengganggu aktivitas konsumen.

Padahal sudah jelas tercantum keterangan bahwa parkir di minimarket tersebut gratis atau tidak ada biaya parkir.

BACA JUGA:Berkendara Saat Gelap! Ini Panduan Pengemudi Untuk Hindari Kecelakaan

Pungutan liar dengan unsur pemaksaan yang dilakukan oleh juru parkir liar tersebut bisa dikategorikan sebagai tindak pidana pemerasan.

Maka sesuai Pasal 368 KUHP, tindak pidana pemerasan dapat diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan.

Nah, bagaimana sih cara untuk mencegah agar tidak terlibat dalam kegiatan pemerasan atau pungutan liar biaya parkir ini?

Berikut beberapa tips dan trik agar terhindar dari biaya parkir liar yang dihimpun dari berbagai sumber:

BACA JUGA:Operasi Tegas Tim Buser Polsek Plaju, Pelaku Curanmor Belasan Kali Beraksi Akhirnya Ditangkap


Pemberitahuan parkir gratis di salah satu minimarket di Palembang.-Taslim Rahman-PALTV

  • Usahakan anda memiliki atribut ojek online baik jaket, helm ataupun stiker pada motor anda. Biasanya, tukang parkir liar akan segan untuk meminta biaya parkir, apabila kita merupakan salah satu driver ojol ataupun hanya memiliki atribut ojol (ojek online).
  • Usahakan untuk bisa mendekati sepeda motor pada saat tukang parkir liar sedang tidak berada di dekat wilayah parkiran alias “sedang sibuk mengurusi korban parkir yang lain”, terlebih mobil.Tukang parkir liar akan bingung untuk mengambil biaya parkir liar bila kita keluar motor secara serentak.
  • Lakukan kontak mata yang tajam terhadap tukang parkir dengan maksud yang baik untuk memicu kesadaran, terkait imbauan yang tertera pada plang atau stiker di pintu minimarket bahwa bebas biaya parkir. Lakukan kontak mata secara bergantian mengarah ke plang atau imbauan tersebut.
  • Usahakan untuk menyediakan selembaran duit dengan nominal Rp50.000 atau Rp100.000, dengan harapan tukang parkir liar tidak memiliki kembalian kepada anda, sehingga bisa dimaklumi dan terbebas dari parkir tersebut.

BACA JUGA:Inilah 5 Jenis Cara Parkir Mobil yang Perlu Diketahui

  • Carilah minimarket yang berada di SPBU, biasanya jarang sekali ada tukang parkir di sana. 
  • Pakailah baju karyawan minimarket seperti Indomaret atau Alfamart serta baju ormas. Sangat tidak disarankan jika bukan salah satu karyawan di sana. Ini berlaku hanya untuk karyawan minimarket tersebut. 
  • Buatkan spanduk atau plang yang berukuran besar dengan caption menarik, contoh: “Parkir Gratis! Apabila Ada yang Membantu, Ucapkan Terima Kasih”.
  • Menjelaskan Pasal 368-371 kepada tukang parkir liar terhadap isi yang tercantum.

BACA JUGA:Motor Sering Parkir Tanpa Atap dan Dampaknya pada Performa dan Keawetan

Jika tips dan trik di atas tidak maksimal dilakukan, maka anda harus lebih cermat lagi dalam memantau jam terbang dari sang parkir liar itu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber