Eksistensi 5G di Indonesia Masih Minim! Sinyal 4G Masih Terdepan!.

Eksistensi 5G di Indonesia Masih Minim! Sinyal 4G Masih Terdepan!.

eksistensi Jaringan 5G Di Indonesia. Sinyal 4G Masih Terdepan!--Foto : Tita Umi K

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Sejak Senin, tanggal 24 Mei 2021 yang lalu, Indonesia telah memasuki babak baru dalam perkembangan teknologi informasi. Yang dimaksudkan dalam hal ini adalah Jaringan 5G yang sudah masuk dan mulai beroperasi secara komersial di seluruh Indonesia.

Tapi tahukah kamu bahwa belakangan ini jaringan 5G di Indonesia semakin kesini tidak ada perkembangan?. Dan kalau kita melihat secara data yang dilansir dari n’perf mengenai lokasi yang support jaringan 5G itu hanya tersedia di kota – kota besar saja.

Kota–kota besar tersebut tak hanya di support jaringan 5G saja melainkan 3G dan Juga 4G, antara lain Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Bekasi, Palembangm Tanegrang, Makassar, South Tangerang, Semarang, Depok, Padang, Bandar Lampung, Bogor dan Malang.

Namun, pada kenyataan nya beberapa daerah di kota – kota tersebut masih tak dapat menjangkau dengan maksimal jaringan 5G tersebut. Sisi lain kebohongan dari jaringan 5G yaitu di speed jaringan nya. Seperti speed jaringan 5G di Jakarta, dimana speed jaringan disana hampir sama dengan jaringan 4G yaitu sekitar 28,74 Mbps – 45.00 Mbps.

BACA JUGA:Produk 5G Gagal! Nokia PHK 14.000 Karyawan, Divisi Jaringan seluler, Cloud, dan Layanan Jaringan Terdampak.

Bahkan tak jarang banyak yang lebih merasakan bahwa speed jaringan 4G lebih kencang dibandingkan 5G. Menurut creator “Sadapin Tekno” yang pernah meriset kecepatan data internet di Indonesia bahkan rata – rata nya itu hanya di angka 23 Mbps saja.

Lalu dilansir dari detikNET, bahwa kecepatan internet di Indonesia hanyalah 24,21 Mbps. Dan berdasarkan laporan dari Speedtest Global Index (SGI) yang baru diterbitkan Dokla pada bulan Juli 2023 bahwa Indonesia telah menduduki peringkat yang ke-96 dari 143 negara di dunia untuk kategori internet mobile dan itu untuk peringkat Asia Tenggara.

Hal inilah yang membuat perkembangan mengenai jaringan internet di indonesia termasuk dalam kategori lambat. Karena, dengan perkembangan serta kecanggihan internet yang cepat dan maju, hal tidak hanya untuk menonton you tube saja, dengan ada nya koneksi internet yang cepat maka untuk mendownload file apapun yang memerlukan data yang besar ( bergiga–goga ) tidak perlu membutuhkan waktu yang lama.

Upload berkas – berkas penting pun tanpa loading, dan masih banyak lagi hal lainnya yang dapat membantu pekerjaan manusia dengan cepat.

BACA JUGA:Pertama di Dunia, Huawei Resmi Luncurkan Produk Perangkat Jaringan 5.5G di Dubai Uni Emirat Arab

Dengan melihat tawaran keunggulan pada 5G, lalu apakah jaringan 5G akan menggantikan jaringan 4G ? Jawaban nya adalah tidak. Jaringan 5G hanya akan melengkapi jaringan 4G yang telah ada.

Kelebihan serta kekurangan dari 5G adalah jika berada di tempat atau lokasi yang tidak mampu untuk menjangkau jaringan dan sinyal 5G, maka dengan otomatis perangkat tersebut akan berpindah ke sinyal 4G. Artinya jaringan atau sinyal 4G akan terus ada dan bisa dipakai.

Namun, dibdandingkan dengan jaringan 5G sebenarnya 4G masih sangat berkembang dan sangat bisa dijangkau di seluruh Indonesia.

Bahkan, sampai akhir tahun 2022 yang lalu, pemerintah pun masih aktif untuk meminta dan mensosialisasikan operator untuk segera mengganti jaringan yang masih 3G menjadi 4G.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber