Harga Cabai di Muara Enim Tembus Rp90 Ribu Per Kilogram, Konsumen dan Pedagang Sama-sama Mengeluh!

Harga Cabai di Muara Enim Tembus Rp90 Ribu Per Kilogram, Konsumen dan Pedagang Sama-sama Mengeluh!

Erna pedagang cabai di Pasar Inpres Muara Enim menjajakan barang dagangannya yang saat ini sedang naik tinggi, Senin (4/12/2023).-Yansyah-PALTV

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Saat ini musim penghujan sedang melanda kawasan Kabupaten MUARA ENIM. Intensitas hujan yang cukup banyak ternyata berdampak pada kenaikan harga cabai di pasaran.

Kenaikan harga cabai ini bukan hanya dikeluhkan oleh warga (konsumen), namun pedagang cabai pun ikut mengeluh akibat tingginya harga modal.

Kenaikan harga ini dialami seluruh jenis cabai, terutama untuk harga cabai setan dan cabai merah. Diperkirakan meroketnya harga cabai sudah mulai terasa sejak tiga pekan belakangan, hingga sekarang sudah melambung tinggi.

Sekda Muara Enim, Yulius membeberkan bahwa memang harga cabai naik cukup tinggi. Padahal Pemerintah Kabupaten Muara Enim sendiri sudah menggalakkan program tanam komoditas cabai. Hanya saja, belum mendapatkan hasil panen dan cabai sudah naik.

BACA JUGA:Terpidana Investasi Bodong Tak Lama Lagi Keluar Penjara, Seorang Mahasiswi Timpa Lagi dengan Laporan Polisi

"Untuk mengatasi stok cabai sendiri Pemkab telah bekerja sama dengan pihak lain. Bukan hanya cabai, untuk beras pun sudah ada kerja sama dengan Kabupaten Banyuasin. Sementara untuk bawang dan cabai, Pemkab Muara Enim sudah kerja sama dengan daerah Nganjuk," jelas Yulius.

Salah satu sebab kenaikan harga cabai karena supply and demand antara distributor dan pedagang. Jika permintaan banyak dan hasil jumlah panen sedikit membuat harga pasar meningkat.

Erna (38) sangat mengeluh dengan kenaikan harga cabai. Pasalnya, pedagang harus mengeluarkan modal lebih agar bisa mendapatkan stok cabai untuk dijual kembali.

Kenaikan harga cabai sendiri sudah selama satu bulan belakangan, namun untuk di minggu terakhir ini harganya sudah mencapai Rp90.000 per kilogram.

BACA JUGA:Generasi Milenial Malas Bertani, Unit Usaha Pertanian Sumsel Tahun 2023 Turun 1,63 Persen

"Untuk harga cabai setan yang semula Rp60.000 per kilogram, kini naik menjadi Rp90.000 per kilogram. Begitu pula cabai merah. Bermula dengan harga yang sama di angka Rp60.000 per kilogram, sekarang naik menjadi Rp90.000," keluhnya.

Memang untuk kedua cabai ini sangat diminati pembeli, karena cabai setan dan cabai merah biasa digunakan untuk usaha.

Sedangkan harga cabai rawit yang semula Rp40.000 per kilogram, sekarang naik menjadi Rp60.000 per kilogram. Yang masih stabil untuk harga cabai hijau keriting di kisaran harga Rp35.000 per kilogram.

Erna menambahkan, kemungkinan kenaikan harga cabai juga dipengaruhi oleh cuaca yang saat ini sedang musim penghujan. Jika cuaca sudah mereda harga cabai akan ikut stabil.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv