Meski Langka, Inilah Wilayah Musi Banyuasin yang Masih Memiliki Pohon ‘Dian Imbe’

Meski Langka, Inilah Wilayah Musi Banyuasin yang Masih Memiliki Pohon ‘Dian Imbe’

Beberapa wilayah di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) masih memiliki pohon ‘Dian Imbe’ yang kian langka.--Jelajah Muba

Herdoni berharap baik kepada pemerintah daerah maupun warga masyarakat Muba untuk lebih peduli terhadap keberlanjutan lingkungan, dengan mencoba berbagai upaya untuk melestarikan keberadaan Dian Imbe.

BACA JUGA:Yuk Kenali Kopi Khas Ulu Ogan, Kopi Robusta Mirip Rasa Arabika

Upaya reboisasi dan pemulihan habitat alami pohon Dian Imbe perlu dicanangkan untuk melestarikan keberagaman hayati di Musi Banyuasin sebagai warisan kepada anak cucu kita kelak.

Di sisi lain, perubahan iklim yang tidak terhindarkan memberikan tekanan tambahan pada ekosistem Dian Imbe.

Penurunan curah hujan dan suhu yang ekstrem dapat memengaruhi proses berbunga dan pembuahan, mengurangi produksi buah secara keseluruhan.

Hal ini menimbulkan dampak ekonomi dan sosial bagi komunitas yang bergantung pada penjualan buah Dian Imbe.

BACA JUGA:Terong Goreng, Salah Pengolahan Berbahaya Buat Kesehatan!

Herdoni menyampaikan juga  bahwa pentingnya kesadaran akan pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati dapat meningkat di kalangan masyarakat Musi Banyuasin.

"Kita perlu menjaga kelestarian alam yang di dalamnya terdapat kekayaan hayati termasuk juga  pohon Dian Imbe sebagai bagian dari warisan alam kita.

Jika tidak, generasi mendatang mungkin hanya bisa membayangkan keberadaan buah durian rimba ini dalam cerita-cerita lama," tambahnya.

Sementara itu, upaya konservasi perlu ditingkatkan untuk melindungi tidak hanya Dian Imbe tetapi juga ekosistem tempatnya tumbuh.

BACA JUGA:Indahnya Pegunungan Kintamani Bali! Jangan Lewatkan Wisata Petik Jeruk yang Bikin Asyik

Penguatan kebijakan perlindungan hutan dan rehabilitasi lahan yang terdegradasi, menjadi kunci dalam memastikan kelangsungan hidup Dian Imbe dan spesies-spesies lainnya.

Sebagai alternatif, pendekatan berkelanjutan dalam pemanfaatan hutan dan perkebunan dapat membantu menjaga keseimbangan antara kebutuhan manusia dan kelestarian lingkungan.

Program edukasi dan partisipasi aktif masyarakat dapat menjadi langkah awal untuk menciptakan pemahaman dan dukungan lebih besar terhadap pelestarian alam di Musi Banyuasin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber