Yuk Kenali Kopi Khas Ulu Ogan, Kopi Robusta Mirip Rasa Arabika

Yuk Kenali Kopi Khas Ulu Ogan, Kopi Robusta Mirip Rasa Arabika

Kopi khas Ulu Ogan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) memiliki rasa yang unik, di mana kopi Robusta mirip rasa Arabika.-Ari Pranika-PALTV

OKU, PALTV.CO.ID - Dahulu kala, minum kopi identik dengan orang tua. Namun saat ini, seiring berkembangnya kedai kopi atau kafe-kafe yang menawarkan sajian kopi, menjadikan minuman kopi juga banyak dinikmati kalangan muda.

Beragam jenis kopi ditawarkan dengan membawa nama daerah penghasilnya. Menurut banyak kalangan pencinta kopi, setiap daerah penghasil kopi memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Hal ini sesuai dengan karakter dan letak geografis penghasilan kopi tersebut.

Di Sumatera Selatan ada sejumlah daerah penghasil kopi terbesar, di antaranya Pagaralam, Lahat, Semendo Muara Enim, Kabupaten OKU, dan Kabupaten OKU Selatan.

Ada dua jenis  kopi yang dihasilkan daerah-daerah tersebut yakni jenis Arabika dan Robusta. Kali ini kita mengajak untuk melihat dan mengetahui lebih jauh kopi dari Kecamatan Ulu Ogan Kabupaten OKU, yang mayoritas petani kopi di sana hanya menanam satu jenis kopi yakni jenis Robusta.

BACA JUGA:Nikmatnya Lemet Singkong Kelapa, untuk Menemani Secangkir Kopi

Kopi Robusta Ulu Ogan ini banyak yang menyebut sebagai kopi alien. Karena, dari aroma dan rasa mirip dengan kopi Arabika namun nyatanya kopi tersebut murni Robusta.

Pada tahun 2018, Kopi Ulu Ogan pernah ikut dalam penilaian dan mendapat nilai yang sangat baik, bahkan ada yang menyentuh nilai sempurna.

Bagaimanakah keunikan kopi khas Ulu Ogan ini? Berikut akan kita ulas sesuai dengan hasil penilaian tahun 2018 lalu.

Pemilik brand Kopi Ogan Herwin Sagita Bela mengungkapkan, kopi Ulu Ogan dari hasil uji cita rasa oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI) Tahun 2018 ada 10 kriteria yang dinilai.

BACA JUGA:Nikmat Kopi Mana Lagi yang Engkau Rasakan?! Bagi Pecinta Kopi, Kenali Ciri Kopi Asli dan Campuran


Mayoritas petani kopi di Ulu Ogan hanya menanam satu jenis kopi yakni jenis Robusta.-Ari Pranika-PALTV

Dari sepuluh kriteria tersebut, terdapat dua kriteria yang paling menonjol. Pertama, dari cita rasa kopi Ulu Ogan adalah rasa sweetness, yaitu rasa manis menyenangkan yang timbul setelah kita menyeruput kopi tersebut.

Yang kedua, keunggulan kopi Ulu Ogan ada pada keseimbangan atau balance dari semua aspek yaitu mulai dari flavor, after taste (lama bertahannya rasa dan aroma kopi saat diseruput), acidity (rasa asam yang enak) dan body (kepekatan/rasa kental).

Sedangkan dari sisi aroma atau flavor, Kopi Ulu Ogan memiliki harum aroma kopi robusta pada umumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber