Hati-hati! 4 Perkara Ini Dapat Merusak Pahala Amal Ibadah Tanpa Disadari

Hati-hati! 4 Perkara Ini Dapat Merusak Pahala Amal Ibadah Tanpa Disadari

Hati-hati! 4 Perkara Ini Dapat Merusak Pahala Amal Ibadah Tanpa Disadari--freepik.com/@freepik

Lantas, orang yang dizalimi ini diberikanlah kebaikan-kebaikannya untuk orang yang dizalimi yang ini, diberikan pula kepada korban kezaliman yang lain. Sehingga apabila kebaikannya telah habis sedangkan kezalimannya belum semua terbayar, maka sebagian dosa-dosa orang-orang yang dizaliminya akan dipikulkan kepadanya, lalu dia dilempar ke dalam neraka." (HR Muslim)


Ghibah atau bergunjing termasuk dalam perilaku yang dapat merusak amal ibadah kaum Muslimin.--freepik.com/@katemangostar

4. Ghibah atau Bergunjing

Ghibah atau bergunjing, yaitu membicarakan kekurangan atau keburukan orang lain, termasuk dalam perilaku yang dapat merusak amal ibadah kaum Muslimin.

BACA JUGA:Kisah Al Ula, Kota Terkutuk yang Dihindari oleh Nabi Muhammad SAW

Para ulama menyatakan bahwa pahala amal ibadah dari pelaku ghibah akan dipindahkan untuk orang yang digunjingkan. Ghibah yang dilakukan akan digantikan dengan keburukan dari orang yang digunjingkan pada akhirnya. 

Demikianlah, beberapa hal yang dapat merusak amal ibadah seorang mukmin tanpa disadari. Semoga kita selalu berada di jalan yang lurus, mengikuti tuntunan-Nya.

Sehingga, kita dapat terus beramal saleh dan menjauhi segala perbuatan yang dapat merugikan amal kebaikan kita. Berhati-hatilah dalam setiap tindakan agar amal ibadah kita tetap mendapat ridha Allah SWT.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber