10 Cara Praktis Merawat Mesin Mobil Agar Terhindar dari Masalah Saat Hujan

10 Cara Praktis Merawat Mesin Mobil Agar Terhindar dari Masalah Saat Hujan

10 Cara Praktis Merawat Mesin Mobil Agar Terhindar dari Masalah Saat Hujan--(sumber foto: instagram @tedyrusmanwan.tr)

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Ketika datangnya musim hujan, perlu dilakukan langkah-langkah perawatan mobil kesayangan untuk mengurangi risiko kerusakan. 

Air hujan yang turun dengan deras dapat merusak komponen-komponen vital pada kendaraan, terutama jika mobil terus-menerus terpapar hujan. 

Berikut adalah beberapa cara merawat mobil saat musim hujan agar tetap berjalan dengan baik:

1. Parkir di Tempat yang Teduh

Pastikan selalu memarkir mobil di tempat yang teduh untuk menghindari masuknya air hujan ke dalam komponen mobil. Air hujan mengandung asam yang dapat merusak bodi atau bagian dalam mobil.

2. Usap dan Keringkan Mobil dengan Segera

Jika mobil terkena hujan deras, segera usap dan keringkan mobil setelah sampai di rumah. Air hujan dapat merusak lapisan cat pada rangka mobil, sehingga pengeringan segera diperlukan.

BACA JUGA:Stop Jangan Dibuang, Ternyata Oli Bekas Pemakaian Sepeda Motor Bisa Berguna Untuk Hal-Hal Ini

3. Bersihkan Kaca Depan Secara Rutin

Lakukan pembersihan berkala pada kaca depan mobil untuk menghindari embun yang bisa terjadi ketika masuk ke dalam kabin mobil dengan suhu udara luar yang dingin. Gunakan kanebo untuk menjaga kebersihan dan kejernihan kaca.

4. Perhatikan Wiper Kaca

Pastikan wiper kaca berfungsi dengan baik, terutama pada mobil SUV atau MPV yang dilengkapi dengan wiper kaca belakang. Periksa wiper dan air pembersih kaca secara berkala untuk memastikan kinerjanya optimal.

5. Cuci Mobil dengan Segera

Jangan tunda untuk mencuci mobil jika basah karena hujan. Air hujan dapat menyebabkan jamur pada kaca mobil atau bodi kendaraan, sehingga pembersihan menyeluruh diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: