Bermain Sambil Belajar di Saung Angklung Udjo: Destinasi Edukasi yang Menghidupkan Kebudayaan

Bermain Sambil Belajar di Saung Angklung Udjo: Destinasi Edukasi yang Menghidupkan Kebudayaan

Bermain Sambil Belajar di Saung Angklung Udjo: Destinasi Edukasi yang Menghidupkan Kebudayaan--(Sumber foto : Instagram @angklungudjo)

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Bagi kamu yang merindukan pengalaman wisata yang lebih dari sekadar hiburan, Saung Angklung Udjo di Bandung, Jawa Barat, adalah destinasi yang tepat untuk dikunjungi. 

Lokasi ini tidak hanya menyajikan pertunjukkan spektakuler, tetapi juga menawarkan pusat kerajinan bambu dan workshop alat musik bambu

Pengunjung tidak hanya diundang untuk menikmati hiburan semata, tetapi juga untuk meresapi dan melestarikan kebudayaan Sunda, khususnya seni angklung.

Sejarah Saung Angklung Udjo

Pada tahun 1966, mendiang Udjo Ngalagena, seorang seniman angklung kelahiran Jawa Barat, mendirikan Saung Angklung Udjo dengan dukungan istri setianya, Uum Sumiati.

BACA JUGA:Menyuarakan Perlunya Perubahan: Kisah Tristin Kate Smith dan Tantangan dalam Sistem Layanan Kesehatan

Udjo, yang melihat matahari pertama kali pada 5 Maret 1929, sudah akrab dengan angklung sejak usia 4 tahun. Keakraban ini membuat alat musik tradisional itu menjadi sebagian besar dari kenangan masa kecilnya.

Selain menjadi pemain angklung yang ulung, Udjo juga mendalami seni bela diri tradisional, pencak silat. Keingintahuannya membawanya untuk menggali lebih dalam dalam seni gamelan, kecapi, dan melodi lagu-lagu daerah.

Cinta mendalam Udjo terhadap warisan budaya Jawa Barat menjadi pendorong utama pendirian Saung Angklung Udjo.

Dengan tujuan luhur untuk melestarikan kekayaan budaya nusantara, terutama yang berkaitan dengan budaya Sunda. Setelah kepergiannya pada 3 Mei 2001, tempat ini diwarisi dan dikelola dengan penuh dedikasi oleh anak-anak Udjo.

BACA JUGA:Benteng Vredeburg Jogja Saksi Bisu Bentrokan Antara Penduduk Pribumi dan Penjajah Belanda

Dari masa kepemimpinan Udjo hingga saat ini, Saung Angklung Udjo berhasil mencatatkan prestasi yang melambungkan nama Indonesia.

Meskipun mendengar desas-desus mengenai kebangkrutan akibat pandemi COVID-19, pihak Saung Angklung Udjo dengan tegas membantahnya.

Kegemilangan Wisata Saung Angklung Udjo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: