Program KB Gratis di Muara Enim Hasilkan Generasi Berkualitas dan Tekan Angka Stunting

Program KB Gratis di Muara Enim Hasilkan Generasi Berkualitas dan Tekan Angka Stunting

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali didampingi Kepala DPPKB Rinaldo dan pemilik RSIA Karunia Indah Medika meninjau pelayanan KB, Kamis (23/11/2023).--Dokumentasi Humas Pemkab Muara Enim

Menurut Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali, anak hingga usia 12 tahun itu lebih suka bermain dibanding belajar, jadi hak anak itu juga harusnya bisa dipenuhi.

BACA JUGA:Hari Ke-2 Reses, M Hidayat Serap Aspirasi Masyarakat Lorong Sianjur, Soal Banjir dan Sampah Jadi Prioritas

"Dengan KB jaraknya bisa diatur apa lagi jika bisa memiliki dua anak sudah cukup," terangnya.

Program pemerintah ini bukan untuk membatasi hak warga memiliki anak tapi harus dipikirkan juga hak anak.

Jika anak banyak tentu kebutuhannya semakin banyak, apalagi jika kita kesulitan membagi kasih sayang pada mereka.

"Sekolahnya harus terjamin, makanannya juga harus diperhatikan dan terutama kasih sayangnya. Dari hal ini kita bisa menghasilkan generasi penerus yang berkualitas," ungkapnya.

BACA JUGA:Relawan Indonesia di Palestina Pakai Minyak Goreng Untuk Bahan Bakar Mobilnya Agar Bisa di Evakuasi.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Muara Enim Rinaldo menambahkan, KB merupakan salah satu upaya dalam menekan angka stunting di Kabupaten Muara Enim.

Dengan menjaga jarak kelahiran anak, akan mempermudah orang tua untuk memberikan hal yang berkualitas bagi tumbuhan kembang anak.

"Di sini kita bicara kualitas bukan kuantitas. Karena, setiap keluarga akan bisa melahirkan anak dengan tumbuh kembang yang baik, dengan cara memberikan perhatian, asupan makanan bergizi, dan pendidikan," terang Rinaldo.

Berkaitan dengan hal ini, KB bisa dilakukan untuk memberi jarak setiap anak. Dengan begitu, perhatian terhadap anak juga tercukupi.

BACA JUGA:10 Mobil Murah Tapi Mewah, Pilihan Terbaik untuk Gayamu!

Anak akan bisa menerima kehadiran adiknya pada masa tertentu. Jadi, sang kakak juga akan bisa memberikan perhatian untuk sang adik.

"Kita bersyukur kesadaran masyarakat untuk melakukan KB sudah sangat baik di mana dari target 43 ribu orang saat ini sudah tercapai 116 persen," bebernya.

Saat ini Pemkab Muara Enim juga melaksanakan pelayanan KB dan serentak dilakukan seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv