No Bengkel! Tune Up Dasar Pada mobil Bisa Dilakukan Sendiri Di Rumah Lho, Yuk Simak Panduan Lengkap

No Bengkel! Tune Up Dasar Pada mobil Bisa Dilakukan Sendiri Di Rumah Lho, Yuk Simak  Panduan Lengkap

No Bengkel! Tune Up Dasar Pada mobil Bisa Dilakukan Sendiri Di Rumah Lho, Yuk Simak Panduan Lengkap--free pik.com

5. Pemeriksaan Sistem Rem: Saat jalanan sepi, uji reaksi rem dalam kecepatan rendah. Perhatikan adanya gesekan, bunyi mencicit, atau ketidakseimbangan pada rem. Tanggapi gejala tersebut segera untuk mencegah kerusakan pada kanvas rem.

BACA JUGA:Kain Tenun Serat Daun Nanas Asli Prabumulih, Kearifan dan Kejeniusan Lokal dengan Nilai Jual Tinggi

6. Pemeriksaan Lampu: Rutin periksa semua lampu untuk memastikan kinerjanya baik. Ajak asisten untuk menyalakan lampu sen dan menginjak rem saat parkir.

Sesuaikan setelan lampu untuk mendapatkan penerangan optimal saat berkendara malam hari.

7. Penggantian Oli dan Filter secara Berkala: Ganti oli setiap 3.000 mil untuk menjaga performa mesin. Sesuaikan juga penggantian filter oli setiap 15.000 mil.

8. Rotasi Ban dan Penggantian Jika Diperlukan: Lakukan rotasi ban dengan pola silang untuk menghindari keausan roda yang tidak merata. Bawa ke bengkel jika perlu.

BACA JUGA:Pulau Maspari, ‘Surga’ Tersembunyi dan Habitat Penyu Sisik di Kabupaten OKI

9. Pemeriksaan dan Penggantian Busi: Periksa kondisi busi dan ganti jika perlu. Pentingnya Penggantian Busi Sangat Berpengaruh agar mesin tidak pincang dan membuat pembakaran bahan bakar lebih maksimal dan efisien.

10. Pemeriksaan dan Penggantian Belt: Cek belt penggerak (serpentine belt) untuk mendeteksi kerusakan. Ganti jika Anda mendengar suara mencicit saat menyalakan mobil.

11. Penggantian Filter Udara: Buka penutup filter udara di atas mesin dan periksa filter. Bersihkan atau ganti filter yang kotor untuk meningkatkan performa mesin.

12. Penggantian Wiper: Ganti karet wiper jika sudah retak atau kendor. Pastikan wiper berfungsi dengan baik untuk visibilitas maksimal.

BACA JUGA:Tari Burung Migran, Tarian Persembahan Desa Sungsang IV Sambut Tamu dan Meriahkan Kegiatan Desa

Dengan melakukan tune up dasar ini secara berkala, Anda dapat memastikan bahwa mobil Anda tetap dalam kondisi prima dan dapat diandalkan.

Ini bukan hanya akan menghemat uang perbaikan, tetapi juga meningkatkan keamanan dan efisiensi kendaraan Anda. Jangan lupa untuk merawat mobil Anda dengan penuh perhatian agar dapat menikmati pengalaman berkendara yang lebih lancar dan nyaman.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber