Ini yang Dikerjakan Pj Walikota Palembang Ratu Dewa Ketika Hujan dan Banjir Melanda

Ini yang Dikerjakan Pj Walikota Palembang Ratu Dewa Ketika Hujan dan Banjir Melanda

Pj Walikota Palembang Ratu Dewa bergerak cepat ke lapangan ketika hujan dan banjir melanda, Senin (20/11/2023).-Sandy Pratama-PALTV

PALEMBANG, PAL TV.CO.ID - Hujan dengan intensitas lebat serta berdurasi cukup lama yang mengguyur kota Palembang pada Senin pagi 20 November 2023, membuat sejumlah titik di Kecamatan Ilir Barat I dan lainnya tergenang banjir.

Merespon hal tersebut, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa bersama dengan pihak Dinas PUPR serta Camat Ilir Barat I Palembang, langsung meninjau satu per satu titik banjir guna penanganan cepat.

Pj Walikota Palembang Ratu Dewa mengatakan, dengan curah hujan yang begitu tinggi, beberapa titik yang terjadi genangan langsung ditinjau, seperti di Jalan Sultan Mansyur, kawasan Sako, kawasan Sekip, Bukit Siguntang, Jalan Lunjuk Jaya, dan lainnya.

Dari tinjauan didapati genangan banjir yang terjadi akibat adanya sumbatan pada drainase akibat sedimentasi yang tinggi dan tumpukan sampah.

BACA JUGA:Perumda Tirta Musi Palembang Imbau Warga Terdampak Pemadaman 8 Jam Untuk Menampung Air


Petugas dari Dinas PUPR Kota Palembang membersihkan saluran air yang tersumbat oleh sedimen dan sampah, Senin (20/11/2023).-Sandy Pratama-PALTV

Menyikapi hal tersebut, saluran drainase sudah dibersihkan dan air bisa surut dengan cepat. Untuk penanganan cepat banjir di Palembang, petugas Dinas PUPR Kota Palembang sudah dibagi zona penugasan.

“Pada pagi ini, karena curah hujannya begitu tinggi, saya langsung tinjau ke lapangan. Ada beberapa titik memang terjadi genangan, seperti di Jalan Sultan Mansyur, terus di Sako, di Sekip, di Jalan Lunjuk, dan juga titik lainnya. Ternyata banyak sumbatan-sumbatan di drainasenya, ada sedimennya tinggi, termasuk sampah, itu segera kita turunkan. Kita dari awal sudah antisipasi pembagian zona dari PUPR, agar kondisi ini cepat kita atasi,” terang Pj Walikota Palembang Ratu Dewa.


Untuk penanganan cepat banjir di Palembang, petugas Dinas PUPR Kota Palembang sudah dibagi zona penugasan, Senin (20/11/2023).-Sandy Pratama-PALTV

Ditambahkan Ratu Dewa, salah satu penyebab terjadinya genangan hingga banjir di Palembang adalah akibat sampah di saluran air.

Untuk itu, dihimbau agar warga Palembang untuk tidak membuang sampah di sungai, selokan, maupun drianase lainnya, mengingat hal tersebut akan menyumbat aliran air.

BACA JUGA:Siapkan Air Bersih Sebelum Rabu, 10 Wilayah Ini Terdampak 8 Jam Penghentian Distribusi Air Bersih Tirta Musi!

“Kepada para warga di manapun berada, tolong jangan sampahnya dibuang di sungai, di parit, termasuk di drainase, karena akan menjadi masalah dan air akhirnya tidak lancar mengalir,” tutup Pj Walikota Palembang Ratu Dewa.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv