Baru Punya Mobil Listrik?! Simak Cara Merawat Berdasarkan Jenis Mobil Hybrid

Baru Punya Mobil Listrik?! Simak Cara Merawat Berdasarkan Jenis Mobil Hybrid

Baru Punya Mobil Listrik?! Simak Cara Merawat Berdasarkan Jenis Mobil Hybrid--free pik.com

PALEMBANG,PALTV.CO.ID - Mobil hybrid dan electric vehicle (EV) semakin populer di era modern ini, menyajikan solusi ramah lingkungan dan hemat energi. Terlebih beberapa diantara Mobil hybrid ini  sudah tidak menggunakan bahan bakar minyak sama sekali.

Namun, seperti halnya kendaraan konvensional, perawatan yang tepat diperlukan untuk memastikan kinerja optimal dan umur panjang mobil listrik tersebut.

Berikut kita akan menjelajahi lima jenis perawatan yang penting untuk mobil hybrid, serta pemahaman mendalam tentang berbagai kategori mobil hybrid.

Pertama-tama, penting untuk memahami bahwa tidak semua mobil hybrid diciptakan sama. mobil hybrid dikategorikan menjadi tiga jenis utama: micro hybrid, mild hybrid, dan full hybrid.

BACA JUGA:Skuter Modern klasik Scomadi Telah Hadir di Indonesia, Pilihan Menarik Bagi Pecinta Skuter

Micro hybrid, seperti contohnya R3, menggunakan motor kecil yang membantu engine saat cruising speed untuk mengurangi beban mesin dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Mild hybrid, diidentifikasi dengan voltase 48 volt, memiliki motor yang berfungsi sebagai penggerak bantu tetapi tidak sepenuhnya menggerakkan roda.

Full hybrid, seperti Toyota Prius, benar-benar mengandalkan tenaga listrik untuk menggerakkan roda, menggunakan engine sebagai generator untuk mengisi baterai saat diperlukan.

Sementara itu perhatikan 5 Tips Perawatan Mobil Hybrid dan ev agar dapat menjaga performa kendaraan kita tetap terjaga dan nilai invesnya tidak anjlok.

BACA JUGA:Cara Cepat Memindahkan Data dari iPhone ke PC atau Laptop Menggunakan Kabel Data dan 3uTools

Perawatan Coolant (Air Coolen):

Air coolen pada mobil hybrid memiliki peranan khusus. Pengguna disarankan untuk menggunakan coolant khusus yang nonkonduktif, seperti hoat (hybrid organic acid technology) atau oat (organic acid technology).

Coolen ini harus direncanakan untuk diganti setiap tahun, dan radiator perlu dibersihkan secara teratur untuk menjaga kinerja pendinginan yang optimal.

Perhatian pada Baterai:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber