Jangan Sembarangan Mengendarai Mobil! Inilah Tips Aman Mengendarai Mobil Saat Berada di Jalan Raya

Jangan Sembarangan Mengendarai Mobil! Inilah Tips Aman Mengendarai Mobil Saat Berada di Jalan Raya

Tips Aman Mengendarai Mobil Saat Berada di Jalan Raya-- Foto : Freepik.com

 

3. Tingkatkan Kewaspadaan Saat Berada Di Jalan Raya

Penting untuk tetap waspada dan fokus pada jalan. Kehilangan kewaspadaan selama beberapa detik saja dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Lebih dari 80% kesalahan pengemudi terjadi dalam waktu 3 detik setelah kehilangan kewaspadaan. Jika merasa mengantuk atau lelah, sebaiknya beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

 

4. Jaga Jarak Aman Dengan Pengendara Lain

Menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda adalah kunci untuk menghindari kecelakaan. Gunakan aturan 3-4 detik, yakni jarak waktu yang dibutuhkan untuk kendaraan di depan Anda melewati suatu titik tertentu.

Perhatikan kondisi cuaca dan tingkatkan jarak kendaraan saat berada di belakang kendaraan besar atau dalam kondisi cuaca buruk.

BACA JUGA:Kecelakaan Lalu Lintas Antara Mobil Truk Fuso Lostbak dengan Mobil Truk Tangki

 

5. Perhatikan Pengendara Lain Dari berbagai Arah                      

Jangan mengandalkan pengemudi lain untuk mengemudikan dengan baik. Perhatikan pengemudi lain di sekitar Anda dan asumsikan bahwa mereka mungkin melakukan kesalahan. Selalu berikan perhatian ekstra pada sepeda motor dan sepeda yang dapat sulit terlihat.

 

6. Gunakan Lampu Sein dengan Bijak

Lampu sein adalah alat komunikasi penting di jalan. Gunakan lampu sein secara sopan dan tepat waktu untuk memberi tahu pengemudi lain tentang niat Anda untuk berbelok atau berpindah jalur. Ini dapat membantu mengurangi risiko tabrakan dan menciptakan situasi berkendara yang lebih aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber