Keindahan Danau Teluk Seruo (Danau Kupu-Kupu) yang Nyaris Hilang di Indralaya, Ogan Ilir

Keindahan Danau Teluk Seruo (Danau Kupu-Kupu) yang Nyaris Hilang di Indralaya, Ogan Ilir

Keindahan Danau Teluk Seruo (Danau Kupu-Kupu) yang Nyaris Hilang di Indralaya Ogan Ilir--Foto : Ahmad Romawi - PALTV

INDRALAYA, OGAN ILIR, PALTV.CO.ID - Teluk Seruo, atau yang dikenal juga sebagai Danau Kupu-Kupu, dulunya menjadi satu-satunya destinasi danau indah di Kabupaten OGAN ILIR, Indralaya.

Hanya berjarak 15-20 menit dari pusat kota Indralaya, danau ini berada di belakang kompleks perkantoran Bupati Ogan Ilir Tanjung Senai atau di sebelah RSUD Tanjung Senai Ogan Ilir. Sayangnya, keindahan danau ini nyaris hilang karena kurangnya perawatan.

Empat tahun yang lalu, Danau Teluk Seruo menjadi terkenal karena keindahannya. Pemerintah daerah Kabupaten Ogan Ilir melakukan pembentukan dan renovasi, mengubah danau yang awalnya biasa menjadi Danau Kupu-Kupu.

Keunikan danau ini terlihat jelas dari ketinggian, dan untuk menikmati keindahannya, berbagai fasilitas seperti tower pengamatan dan taman di sekitar danau dibangun. Selain itu, ada jogging track, lapangan basket, dan gasebo untuk bersantai sambil menikmati angin di tepi danau.

BACA JUGA:Destinasi Baru !! Camping Di Bukit Pendape, Nikmati Pemandangan Alam Tanah Tertinggi di Muba


Keindahan danau yang dulu memukau kini hampir lenyap--Foto : Ahmad Romawi - PALTV

Namun, dalam setahun terakhir, keadaan Danau Teluk Seruo mulai memburuk. Keindahan danau yang dulu memukau kini hampir lenyap. Dulunya, untuk masuk ke danau ini, pengunjung dikenai biaya sebesar 5 ribu rupiah.

Namun, sejak satu tahun terakhir, masuk ke Danau Teluk Seruo menjadi gratis. Sayangnya, beberapa fasilitas mulai rusak karena ulah tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Bunga-bunga indah di taman pinggiran danau menjadi tak terawat, dinding rumah-rumahan yang digunakan untuk bersantai rusak dan kotor, bahkan beberapa tanaman hilang karena dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Lapangan basket, tempat favorit anak-anak remaja, juga mengalami kerusakan. Kondisi ini merusak keindahan Danau Teluk Seruo, yang dulunya begitu terkenal sebagai Danau Kupu-Kupu.

BACA JUGA:Bolu Cupu Kue Khas Kayuagung, Tak Lekang Ditelan Zaman


Masyarakat Ogan Ilir berharap agar Danau Kupu-Kupu ini dapat kembali direnovasi dan diperbaiki oleh Pemerintah--Foto : Ahmad Romawi - PALTV

Keadaan semakin memprihatinkan karena Danau Teluk Seruo dahulu digunakan sebagai sarana edukasi, seperti kegiatan Pramuka, seminar, lomba mewarnai, dan berbagai kegiatan lainnya dari berbagai lapisan masyarakat, baik dari Ogan Ilir maupun luar Ogan Ilir. Empat tahun lalu, danau ini bahkan berhasil membuat Kabupaten Ogan Ilir dikenal di luar Provinsi Sumatera Selatan.

Masyarakat Ogan Ilir berharap agar Danau Kupu-Kupu ini dapat kembali direnovasi dan diperbaiki oleh Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir atau pihak lainnya. Dengan dilengkapi sarana dan prasarana yang memadai, keindahan danau ini dapat pulih kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id