Udah Tahu Belum Kalau Ramadan mempunyai ke Unikan? Berikut Fakta Unik Soal Ramadan

Udah Tahu Belum Kalau Ramadan mempunyai ke Unikan? Berikut Fakta Unik Soal Ramadan

Udah Tahu Belum Kalau Ramadan mempunyai ke Unikan? Berikut Fakta Unik Soal Ramadan--pixabay.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Bulan Ramadan merupakan bulan yang paling dinantikan oleh umat Islam. Selama bulan ini, semua umat Islam di dunia melakukan ibadah wajib mereka yang disebut puasa Ramadan.

Puasa Ramadan dirayakan sebulan penuh setiap tahun. Umat Islam tidak hanya berusaha menahan lapar dan dahaga, tetapi selalu berbuat kebaikan dan memperbaiki diri sehingga bisa bermanfaat bagi orang lain.

Mengutip dari finansialku.com, menurut keyakinan Islam, beramal pada bulan puasa akan lebih banyak pahalanya dibandingkan pada bulan-bulan biasa.

Maka umat Islam akan selalu melengkapi banyak ritual ibadah mereka dengan kegiatan keagamaan seperti membaca Al-Qur'an, melakukan shalat lima waktu, bersedekah dan banyak lainnya.

Alangkah ajaibnya, bulan ini penuh berkah. Tapi apakah Anda tahu fakta lain tentang Ramadan?

BACA JUGA:Website Edit Photo Instant No Ribet untuk Kalian yang Sulit Memakai Adobe Photoshop

BACA JUGA:Alasan Hero Fredrinn MLBB Menjadi Langganan Pick Turnamen MPL ID S11

Bagaimana cara mengetahui bulan Ramadan? Atau hanya mengetahui kewajiban puasa di bulan Ramadan saja? Tak hanya itu, ternyata masih banyak hal lain yang menarik untuk diketahui tentang Ramadan kali ini. Ini adalah kebenarannya.

1 . "Ramadla"; Penghapusan Segala Dosa, Tahukah Anda bahwa kata "Ramadan" berasal dari kata Arab "ramadla" yang artinya "panas"?

Selain awal bulan Ramadan yang jatuh pada musim panas, pengertian panas ini juga dipahami sebagai waktu dibakar atau dihapusnya segala dosa dan kesalahan seseorang.

2. Bulan suci penuh berkah, Tujuan Ramadan adalah mengajarkan manusia untuk mengendalikan hawa nafsu dengan cara berpuasa dari pagi hingga malam.

Selain itu, bulan Ramadan memaksa umatnya untuk lebih peduli terhadap penderitaan orang miskin. Melalui puasa, shalat, dan sedekah, seseorang dikatakan mampu menyucikan jiwa dan raganya.

3. Lailatul Qadar, Malam Pengampunan Selama bulan Ramadan, ada malam yang sangat mulia. Malam ini adalah malam Lailatul Qadar. Tidak diketahui secara pasti kapan malam ini akan datang, sehingga umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak sholat, dzikir dan sholat pada malam-malam ganjil di akhir bulan Ramadan. Dengan demikian seseorang memperoleh kemuliaan Lailatul Qadr, yakni diampuni oleh Allah atas segala dosanya. 

4. Hukum Puasa Ramadan Bagi orang dewasa, wajib berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadan. Pengecualian adalah orang tua, pelancong, wanita hamil atau menyusui, orang dengan penyakit kronis atau sakit, dan wanita menstruasi. Untuk anak kecil, diet vegetarian tidak diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: finansialku.com