Pj. Bupati Pastikan Stabilitas Harga dan Stok Bahan Pokok Tersedia Jelang Nataru

Pj. Bupati Pastikan Stabilitas Harga dan Stok Bahan Pokok Tersedia Jelang Nataru

Pj Bupati Ahmad Rizali melakukan monitoring harga dan stok yang ada di Pasar Tanjung Enim menyambut Nataru. --Foto : Humas Pemkab Muara Enim

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Ahmad Rizali, M.A., Sabtu pagi (11/11) melakukan Monitoring Stabilitas Harga Bahan Pangan menjelang Natal dan Tahun Baru 2024 di Pasar Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul. Peninjauan pasar ini guna memastikan harga yang sedang berjalan dipasaran jelang Nataru.

Dengan melakukan peninjauan dan monitoring Pemkab Muara Enim akan bisa lebih cepat mengatasi lonjakan dan ketersediaan kebutuhan pokok di pasaran.

Monitoring harga pasar dilakukan kebih cepat agar Dinas Perdagangan bisa memantau setiap adanya lonjakan harga dan mengantisipasi setiap kemungkinan yang terjadi. 

Dalam tinjauannya tersebut Pj. Bupati yang hadir didampingi Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Muara Enim, Syarifudin, SE., M.Si., Camat Lawang Kidul, Andrille Martin, S.E., menyampaikan, dari hasil monitoring ini terpantau bahwa ketersediaan stok bahan pokok masih dalam kategori cukup dan harga jual relatif normal. Dipasar warga belum mengeluhkan adanya kenaikan harga dan pedagang masih bisa menjual stok yang memadai. 

BACA JUGA:Membaik, Hampir Seluruh Siswa Yang Diduga Keracunan Makanan Pulang Ke Rumah

"Kita sengaja melakukan monitoring jauh hari agar setiap adanya keluhan masyarakat dan pedagang lebih cepat direspon", katanya. 

Selain itu untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan dan melonjaknya permintaan terhadap salah satu komoditi, Pj. Bupati menginstruksikan segera kepada perangkat daerah terkait untuk menggelar operasi pasar murah, dan membangun kerja sama dengan daerah penghasil pertanian agar dapat menambah pasokan bahan sehingga mampu menekan terjadinya inflasi.

Lebih lanjut Pj. Bupati mengakui terdapat beberapa sedikit kenaikan dari bahan pangan seperti cabai dan beras, namun demikian menurutnya kenaikan tersebut dalam batas kewajaran dan masih menjangkau masyarakat.

Kedepannya mendekati Nataru kita sadari pasti akan ada lonjakan, namun jika itu bisa dideteksi lebih awal akan mempermudah Pemerintah untuk melakukan antisipasi.

BACA JUGA:2 Raja Begal Di Ringkus Satreskrim Polrestabes Palembang dan Polres Ogan Ilir


Pj Bupati Ahmad Rizali menyempatkan diri berbincang dengan pedagang saat melakukan monitoring pasar jelang Nataru.--Foto : Humas Pemkab Muara Enim

Kita akan siapkan stok melalui Dinas perdagangan dan Bulog untuk melakukan operasi oasar agar bisa menekan lonjakan harga dan kebutuhan akan stok bahan pokok, jelasnya.

Pj. Bupati menghimbau para pedagang untuk tetap berjualan dengan wajar dan tidak memanfaatkan situasi dengan melakukan penimbunan barang ataupun menaikan harga serta selalu menjual produk yang berkualitas.

"Untuk menjaga kestabilan harga dibutuhkan juga para pedagang untuk menjual barang dagangannya dengan harga wajar" pintanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id