Kisah Pilu Husain Cucu Rasulullah SAW yang Tidak Dapat Kain Kafan Surga yang Dibawa Malaikat Jibril

Kisah Pilu Husain Cucu Rasulullah SAW yang Tidak Dapat Kain Kafan Surga yang Dibawa Malaikat Jibril

Kisah pilu Husain cucu Rasulullah SAW yang tidak dapat kain kafan dari malaikat Jibril.--instagram.com/@hubb_e_ahlebait

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Ada suatu kisah yang menceritakan tentang kain kafan dari surga yang dibawakan Malaikat Jibril untuk Rasulullah SAW dan keluarga beliau. Tetapi, salah satu cucu Rasulullah SAW tidak mendapatkannya. 

Kain kafan tersebut disiapkan hanya untuk 5 orang anggota keluarga Nabi Muhammad SAW, yaitu Rasulullah sendiri, istri pertama beliau Khadijah RA, putri Rasulullah Fatimah Az-Zahra, menantu Rasulullah Ali bin Abi Thalib (suami Fatimah), dan cucu Rasulullah SAW yang bernama Hasan. 

Namun, cucu Rasulullah SAW yang bernama Husain tidak termasuk dalam daftar penerima kain kafan tersebut. Sejatinya Husain merupakan saudara kandung Hasan, Keduanya merupakan putra Fatimah Az-Zahra dan Ali bin Abi Thalib.

Dilansir dari laman Alhikmahdua, kisah wafatnya Sayyidina Husain sudah disampaikan Malaikat Jibril kepada Rasulullah SAW ketika Ummul Mukminin Sayyidah Khadijah Al-Kubro wafat.

BACA JUGA:Jangan Disepelekan! Ini Panduan Memberi Nama Anak Menurut Syariat Islam

Malaikat Jibril menyampaikan berita ini kepada Rasulullah SAW dengan membawa lima lembar kain kafan. Lalu Rasulullah bertanya kepada Jibril tentang kain kafan tersebut. “Untuk siapakah kain kafan itu, wahai Jibril?”

"Ya Rasulullah, kain kafan ini untuk Sayyidina Khadijah, engkau sendiri (Rasulullah), Sayyidina Fatimah, Sayyidina Ali, dan Sayyidina Hasan,” jawab Jibril.

Jibril lalu berhenti berkata dan menangis, sehingga Rasulullah bingung dan bertanya, “Ya Jibril, kenapa engkau berhenti dan menangis, dan kenapa kain kafan untuk keluargaku yang engkau bawa kurang satu?”

"Ya Rasulullah, cucumu Sayyidina Husain tidak memiliki kain kafan. Dia akan wafat dalam peperangan, dan tergeletak tanpa kafan dan tidak dimandikan," ungkap Jibril dengan nada penuh kesedihan.

BACA JUGA:Sejarah Berpindahnya Arah Kiblat Salat Umat Islam dari Al-Aqsa ke Ka'bah


Karbala.--instagram.com/@karbala12_

Rasulullah SAW tak mampu menahan air mata saat menerima kabar duka dari malaikat Jibril tersebut, tentang nasib cucunya Husain bin Ali Abi Thalib. 

Dalam sebuah riwayat lain dijelaskan, diceritakan oleh Ummi Salamah radhiyallahu ‘anhaa beliau berkata: 

“Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam di dalam rumahku, tiba-tiba masuklah Husain radhiyallahu ‘anhu mendekati beliau. Maka aku memandang keduanya dari pintu. Saat itu Husain radhiyallaahu ‘anhu bermain-main di atas dada Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam, sementara ditangan Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam ada sejumput tanah, dan air mata beliau mengalir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber