DPPPA OKU Komitmen Utamakan Pemberdayaan Perempuan di OKU

DPPPA OKU Komitmen Utamakan Pemberdayaan Perempuan di OKU

Dinas PPPA OKU terus lakukan pembinaan perempuan di OKU- Foto: Ari Pranika-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pemberdayaan perempuan dinilai sangat penting sebagai bentuk pemenuhan hak dan kesetaraan gender. 

Hal itulah yang mendorong Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU)  untuk terus berkomitmen dalam memajukan perempuan. 

DPPPA OKU kembali menggelar advokasi dan pendampingan dalam rangka pembinaan dan sosialisasi pengembangan kepribadian perempuan. 

Kegiatan tersebut, merupakan komitmen DPPPA OKU  dalam memberikan panduan dan pemahaman yang komprehensif terhadap pentingnya pemberdayaan perempuan di wilayah kabupaten OKU.

BACA JUGA:Tidak Sembarangan, Pemkot Palembang Akan Tetapkan Titik APK Pada Tahap Kampanye

Sedikitnya ada 83 peserta yang berasal dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) OKU dan pegawai dilingkungan Dinas PPPA OKU yang mengikuti kegiatan Advokasi kebijakan dan pendampingan Perempuan Kamis (09/11/23).

Kepala Dinas PPPA OKU Ir H Arman M.Si mengungkapkan jika pihaknya terus berkomitmen untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan melalui berbagai program dan kegiatan yang mendukung perkembangan kepribadian perempuan.

Menurutnya, pemberdayaan perempuan tidak hanya bersifat bantuan ke single parents atau juga ke perempuan disabilitas saja, namun juga melakukan pendampingan ke Lembaga Penyedia Pemberdayaan Perempuan dalam hal ini DWP.

Karena menurut kita sesuai dengan amanat Undang-undang peran Organisasi Wanita ini sangat penting sekali. Karena kalau organisasi itu tidak terancang aktif untuk mengasuh, merawat dan membina anak maka dapat merusak nasib bangsa kedepan," kata Arman di Ballroom Hotel GrandKemuning Baturaja. 

BACA JUGA:Simak, Tanggal 8 November Memperingati Hari Apa?

Dikatakan Arman, Dinas PPPA OKU juga telah melakukan bantuan berupa alat modal untuk kaum perempuan kepala keluarga (single parents). Kemudian ada juga yang berupa pelatihan-pelatihan, baik itu bersifat menambahkan kualitas produk ataupun juga masalah pemasaran dan pengemasan.

Selain pemberdayaan dan pengolahan produksi industri rumahan kaum perempuan di OKU juga mendapat pembinaan di bidang politik. Dibidang ini pihaknya telah melakukan penyuluhan tentang keterwakilan perempuan dalam bidang politik.

"Pengarustamaan gender perempuan juga disamakan haknya dalam bidang politik, tujuannya agara semakin banyak keterwakilan perempuan menjadi anggota Dewan, maka aspirasi perempuan juga akan lebih cepat diserap," harap Arman.

DWP Kabupaten OKU menjadi mitra Dinas PPPA OKU dalam perpanjangan tangan bidang pemberdayaan perempuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv