Anggota Komisi XI DPR RI H Achmad Hafisz Tohir Gandeng LPS Jaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Anggota Komisi XI DPR RI H Achmad Hafisz Tohir Gandeng LPS Jaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Anggota Komisi XI DPR RI H. Achmad Hafisz Tohi Gandeng LPS Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia---(sumber foto: file dokumentasi Komisi XI DPR RI )

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)  menggelar seminar nasional yang bertajuk "Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia, Pastikan Dijamin oleh LPS". Acara tersebut digelar di Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin pada hari Jumat, 3 November 2023.

Nampak hadiri Kepala Divisi Transformasi IV LPS Viona Mayasari, Wakil Ketua BKSAP DPR RI dan Anggota Komisi XI DPR-RI H Achmad Hafisz Tohir serta seluruh peserta yang mengikuti acara tersebut.

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) didirikan oleh pemerintah pada tahun 1998 sebagai respons terhadap krisis moneter di Indonesia.

Saat itu, krisis moneter berdampak signifikan pada sektor perbankan yang mengakibatkan kebangkrutan 16 bank.

BACA JUGA:Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir Apresiasi Kinerja Lembaga Penjamin Simpanan

Krisis moneter tersebut meruncingkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap sistem perbankan. Untuk mengembalikan kepercayaan tersebut, pemerintah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2004 tentang Lembaga Penjamin Simpanan. LPS pun mulai beroperasi pada tahun 2005.

Seiring dengan peran strategisnya, pemerintah memperluas peran LPS dengan menerbitkan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan. 

Kini, LPS tidak hanya bertanggung jawab sebagai lembaga penjamin simpanan, tetapi juga berperan aktif dalam menjaga stabilitas sistem keuangan negara.

Pada tahun 2022, Kecamatan Betung memiliki populasi sebanyak 55.154 jiwa. Di wilayah kecamatan ini, Desa Rimba Asam menjadi desa dengan jumlah penduduk terbanyak, mencapai 9.288 jiwa.

BACA JUGA:Gegara Anak Rekam Percakapan, IRT Lapor Polisi Jadi Korban Penganiayaan

Kecamatan Betung terkenal sebagai salah satu kecamatan dengan populasi terpadat di Kabupaten Banyuasin, dan memiliki potensi ekonomi masyarakat yang besar. 

Sektor pertanian dan perkebunan juga memiliki peran penting di wilayah ini. Sebagian besar penduduk, termasuk para petani, berkontribusi signifikan terhadap pendapatan daerah Kabupaten Banyuasin.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023, sektor perdagangan di Kecamatan Betung mengalami perkembangan positif dengan pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terus berlangsung, sementara daya beli masyarakat juga mengalami peningkatan.

Di Kecamatan Betung, terdapat 3 bank umum pemerintah dan 3 bank swasta yang memiliki kapasitas mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv