Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir Apresiasi Kinerja Lembaga Penjamin Simpanan

Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir Apresiasi Kinerja Lembaga Penjamin Simpanan

Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir Apresiasi Kinerja dan Pencapaian LPS Tahun 2023--(sumber foto: file dokumentasi Komisi XI DPR RI )

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Anggota Komisi XI DPR-RI Achmad Hafisz Tohir, memberikan apresiasi kepada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) terkait kinerja sepanjang. Saat menghadiri kegiataan acara di betung kecamatan banyuasin, pada Jumat, 3/11/2023.

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) merupakan mitra kerja strategis Komisi XI DPR yang bertugas untuk menjamin keamanan dana atau tabungan masyarakat di bank atau lembaga keuangan yang dijamin oleh LPS. 

LPS didirikan oleh pemerintah pada tahun 1998 sebagai respons terhadap krisis moneter di Indonesia. Saat itu, krisis tersebut berdampak pada sektor perbankan, menyebabkan kebangkrutan 16 bank.

Krisis tersebut mengakibatkan penurunan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap sistem perbankan. 

BACA JUGA:Pedagang Menjerit Akibat Sejumlah Harga Bahan Pokok Dipasar Kayuagung Naik

Untuk mengembalikan kepercayaan tersebut, pemerintah mengeluarkan Undang-undang No. 24 Tahun 2004 tentang Lembaga Penjamin Simpanan, dan LPS mulai beroperasi pada tahun 2005.

Seiring dengan peran strategisnya, pemerintah memperluas mandat LPS dengan menerbitkan Undang-undang No. 9 Tahun 2016 tentang Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan. 

Saat ini, LPS tidak hanya bertugas sebagai lembaga penjamin simpanan, tetapi juga aktif berperan dalam menjaga stabilitas sistem keuangan negara.

Pada tahun 2022, Kecamatan Betung memiliki populasi sebanyak 55.154 jiwa. Dalam wilayah kecamatan ini, Desa Rimba Asam adalah yang paling padat penduduknya dengan 9.288 jiwa.

BACA JUGA:Pedagang Menjerit Akibat Sejumlah Harga Bahan Pokok Dipasar Kayuagung Naik

Kecamatan Betung dikenal sebagai salah satu kecamatan dengan populasi terpadat di Kabupaten Banyuasin, dan memiliki potensi ekonomi masyarakat yang besar.

Kecamatan Betung juga memiliki potensi dalam sektor pertanian dan perkebunan. Sebagian besar penduduk, termasuk petani, berkontribusi signifikan terhadap pendapatan daerah Kabupaten Banyuasin.

Menurut data BPS tahun 2023, sektor perdagangan di Kecamatan Betung mengalami perkembangan positif dengan pertumbuhan UMKM yang terus berlangsung serta peningkatan daya beli masyarakat.

Di Kecamatan Betung, terdapat 3 bank umum pemerintah dan 3 bank swasta dengan kapasitas yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv