Lomba Peragaan Busana Pesona Batik Khas Muara Enim Pelestarian Budaya Daerah

Lomba Peragaan Busana Pesona Batik Khas Muara Enim Pelestarian Budaya Daerah

PJ Bupati Muara Enim foto bersama peserta dan model lomba fashion show pesona batik khas Muara Enim--Istimewa

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Pj. Bupati MUARA ENIM, Kurniawan, bersama Ketua TP PKK Kabupaten MUARA ENIM, Nurmala Sari membuka kejuaraan Peragaan Busana Pesona Batik Khas Kabupaten MUARA ENIM Piala Bupati MUARA ENIM Tahun 2022 di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, MUARA ENIM.

Pada kejuaraan yang diselenggarakan DPC Projo Kabupaten Muara Enim dengan peserta yang terdiri dari anak-anak, remaja hingga dewasa ini bertujuan untuk mengangkat potensi batik khas daerah sebagai warisan budaya lokal dan bersejarah.

Fashion show ini juga sebagai cara memperkenalkan batik kepada generasi muda agar mencintai batik sebagai warisan budaya asli indonesia. 

Berbagai jenis dan model pakaian di peragakan oleh peserta fashion show dengan berbahan baku kain batik khas Muara Enim sebagai ayarat khusus untuk membgkuti perlombaan.

BACA JUGA:Herman Deru Kebut Persiapan Piala Dunia U-20 2023

BACA JUGA:Curi Sepeda Motor di Parkiran Masjid, Warga Asal OKI Ditangkap

Selain mengasah bakat anak sebagai model perlombaan ini juga untuk mempromosikan batik khas Serasan Sekundang agar bisa dibawa hingga kemanca negara.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati yang hadir didampingi Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim H. Riswandar, beserta kepala perangkat daerah lainnya menyampaikan bahwa kejuaraan peragaan busana pesona batik ini merupakan kesempatan bagi pemerintah untuk mengangkat dan memperkenalkan batik khas dengan bercirikan motif yang berbeda-beda salah satunya Batik Kujur, Batik Khaman, Batik Dehian, Batik Tengkiang, Batik Kopi dan Batik Serasan.

Untuk itu dirinya mengajak agar seluruh penggiat kerajinan khususnya batik dapat selalu menjaga keseimbangan antara usaha promosi dengan peningkatan produksi yang berkualitas. 

Pengerajin juga harus bisa menonjolkan motif batik mereka masing masing dengan tetap mengedepankan bidaya asli Kabupaten Muara Enim. Agar wisatawan yang datang ke Muara Enim bisa tertarik akan adanya batik khas Muara Enim dengan memilikinpesona dan corak tersendiri, sehingga bisa menjadi oleh-oleh.

BACA JUGA:Calon PPK Menjalani Tes Akhir

BACA JUGA:Bupati OKUT: Pendidikan Merupakan Kebutuhan Dasar Manusia

Pj. Bupati yakin kegiatan tersebut akan mampu menaikkan popularitas sekaligus nilai tambah produk, sehingga dapat mendatangkan permintaan dan tentunya membuka peluang usaha bagi masyarakat dalam menggerakkan perekonomian di daerah. Lebih lanjut Pj. Bupati mengharapkan dukungan dari semua pihak agar potensi batik ini dapat menjadi kerajinan lokal yang bernilai ekonomi tinggi dalam usaha pemerintah mengembangan industri ekonomi kreatif masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: