Prakiraan Inflasi Tahunan Oktober 2023, Analisis dan Faktor Penyebab

Prakiraan Inflasi Tahunan Oktober 2023, Analisis dan Faktor Penyebab

Prakiraan Inflasi Tahunan Oktober 2023: Analisis dan Faktor Penyebab--Foto : Freefix.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Hari ini, Rabu, 1 November 2023, Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan data inflasi Indonesia.

Menurut konsensus ekonomi yang disusun oleh Bloomberg, inflasi tahunan pada bulan Oktober 2023 diperkirakan mencapai 2,54%.

Perkiraan inflasi ini mencakup rentang dari 2,01% hingga 2,79%. Selain itu, untuk tingkat inflasi bulanan, rata-rata diantisipasi sebesar 0,19% dengan tingkat tertinggi perkiraan 0,39% dan yang terendah adalah deflasi -0,26%.

Kepala Ekonom Bank Permata, Josua Pardede, memproyeksikan bahwa inflasi pada bulan Oktober 2023 akan mencapai 0,24% secara bulanan atau 2,63% secara tahunan.

BACA JUGA:Hingga September 2023, Penyaluran Kredit Perbankan Mulai Tumbuh 8,96 Persen

Peningkatan inflasi bulanan ini diprediksi akan dipengaruhi oleh semua komponen inflasi, termasuk inflasi inti, harga yang diatur pemerintah (administered prices), dan harga yang fluktuatif pada makanan.

Josua Pardede juga memperkirakan bahwa inflasi inti pada Oktober 2023 diperkirakan mencapai 0,15% secara bulanan atau 1,99% secara tahunan.

Kenaikan inflasi inti ini diakibatkan oleh naiknya harga emas dan pelemahan nilai tukar rupiah, meskipun normalisasi pada kelompok pendidikan telah membatasi kenaikan inflasi inti.

Seiring dengan itu, Irman Faiz, seorang ekonom dari Bank Danamon, memperkirakan bahwa inflasi tahunan pada bulan Oktober akan mencapai 2,48%, sedangkan tingkat inflasi bulanan diperkirakan sebesar 0,09%.

BACA JUGA:Langgar Kesepakatan! OJK Bekukan Paylater Akulaku dan Melarang Beroperasi Sementara Waktu

Faiz menekankan bahwa inflasi pada Oktober 2023 utamanya dipicu oleh komponen pangan, sebagai dampak dari peristiwa El Nino.

Cabai merah, cabai rawit, gula, dan beras adalah faktor utama yang memengaruhi inflasi dalam kelompok harga yang fluktuatif.

LPEM FEB UI (Lembaga Penelitian Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia) juga memperkirakan peningkatan tingkat inflasi tahunan pada Oktober 2023 sebesar 2,5%, yang dipengaruhi oleh fenomena El Nino.

Mereka memperkirakan tingkat inflasi bulanan sebesar 0,11%, yang lebih rendah daripada tingkat inflasi bulan September 2023 sebesar 0,19%. El Nino memengaruhi harga komoditas pangan, terutama beras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber