The Beatles Rilis Lagu Baru 'Now and Then' dengan Bantuan Kecerdasan Buatan

The Beatles Rilis Lagu Baru 'Now and Then' dengan Bantuan Kecerdasan Buatan

The Beatles Rilis Lagu Baru 'Now and Then' dengan Bantuan Kecerdasan Buatan--Foto : Instagram@thebeatles

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pekan depan, legendaris band rock Inggris, The Beatles, akan mengeluarkan lagu terbaru mereka yang menampilkan suara mendiang John Lennon, dengan pengembangan menggunakan kecerdasan buatan (AI).

Universal Music Group (UMG), perusahaan rekaman, mengonfirmasi bahwa lagu yang berjudul "Now and Then" disebut-sebut sebagai mungkin lagu terakhir dari The Beatles ini melibatkan kontribusi dari seluruh anggota asli band tersebut.

Selain suara khas John Lennon, lagu ini juga menghadirkan suara mendiang George Harrison, yang meninggal pada tahun 2001, serta suara Paul McCartney dan Ringo Starr, dua anggota The Beatles yang masih hidup.

McCartney dengan antusias mengkonfirmasi, "Ya, itulah suara John, sangat jelas." Dia mengungkapkan rasa emosionalnya karena semua anggota The Beatles turut serta dalam proses penggarapan lagu ini, menjadikannya sebagai rekaman The Beatles yang otentik.

BACA JUGA:Penyanyi Inggris Adele Memutuskan Berhenti Konsumsi Alkohol Setelah 20 Tahun Ketergantungan

"Saya merasa sangat senang untuk kembali bekerja pada lagu The Beatles dan merilis sesuatu yang belum pernah didengar oleh publik sejak tahun 2023," ujar McCartney.

Sementara itu, Ringo Starr juga merasakan sentimen yang sama. Baginya, lagu ini membawa kembali kehadiran John Lennon dalam ruang rekaman, memberikan momen yang amat emosional bagi mereka.

"Kami merasa sangat dekat dengannya melalui lagu ini, sehingga kami merasakan kembali kehadirannya dengan sungguh-sungguh," ujar Starr.

"Now and Then" awalnya diciptakan sebagai rekaman demo oleh John Lennon di New York City pada tahun 1970-an, sesaat setelah The Beatles mengakhiri perjalanannya pada tahun 1970.

BACA JUGA:Star Wars : Dark Forces Remaster akan Umumkan Tanggal Rilis Resminya

Beberapa tahun setelah John Lennon meninggal pada tahun 1980, Yoko Ono, janda mendiang, memberikan beberapa rekaman termasuk lagu "Now and Then" kepada anggota lain dari The Beatles. Mereka kemudian memperbarui rekaman tersebut dengan suara mereka masing-masing.

Namun, pada saat itu, keterbatasan teknologi membuat suara Lennon dan piano yang terekam sulit untuk dipisahkan, menghasilkan rekaman yang kurang optimal.

Gagasan untuk menyelesaikan lagu ini muncul kembali setelah rilis seri dokumenter "The Beatles: Get Back" oleh sutradara Peter Jackson pada tahun 2021.

Di sana, teknologi kecerdasan buatan digunakan untuk mengisolasi suara Lennon dan instrumen musik dari rekaman tersebut. Teknologi serupa juga diterapkan pada lagu "Now and Then" yang kini dipersembahkan oleh McCartney dan Starr.

BACA JUGA:Berjuang Melawan Gagal Ginjal, Shena Malsiana X Faktor Meninggal Dunia

UMG mengumumkan bahwa lagu ini akan tersedia secara global pada tanggal 2 November pukul 14:00 GMT atau 21:00 WIB. Hal ini menandai momen bersejarah bagi para penggemar The Beatles yang dapat menikmati karya terbaru dari band legendaris ini.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber