Hidung Anda Mengeluarkan Darah? Cara Cepat Menghentikan Mimisan

Hidung Anda Mengeluarkan Darah? Cara Cepat Menghentikan Mimisan

Ilustrasi mengatasi mimisan.-spukkato-Pixabay.com/spukkato

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Mimisan merupakan gejala umum yang mungkin sebagian orang pernah mengalaminya. Mimisan ialah proses keluarnya darah dari hidung, baik dari salah satu maupun kedua lubang hidung.

Mimisan bukanlah penyakit yang serius dan dapat berhenti dengan sendirinya. Mimisan ini dapat terjadi selama hitungan detik sampai hitungan menit.

Apabila Anda mengalami mimisan di rumah, jangan khawatir. Terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi mimisan. Berikut ini cara mengobati mimisan dengan beberapa cara sederhana.

1. Duduk tegak dan condong ke depan

BACA JUGA:5 Jenis Bahan Pengawet Alami Makanan yang Aman untuk Dikonsumsi

BACA JUGA:Manfaat Jus Kurma bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Cara mengatasi mimisan pertama adalah duduk tegak dan condong ke depan. Dengan posisi tubuh seperti ini, Anda dapat mengurangi tekanan darah di pembuluh darah hidung. Posisi tubuh seperti ini juga mencegah pendarahan yang lebih lanjut.

Duduk ke depan akan membantu Anda menghindari menelan darah yang dapat menyebabkan iritasi perut. Sebab itu, perlu segera mengeluarkan darah yang  mengalir melalui hidung ke mulut. Namun, agar darah tidak mengalir ke kerongkongan akibat mimisan, Anda dapat mencondongkan tubuh ke depan.

2. Jepit hidung

Ketika mengalami mimisan, Anda dapat menggunakan ibu jari dan telunjuk untuk menutup kedua lubang hidung apabila terus mengeluarkan darah. Gunakan ibu jari dan telunjuk Anda untuk memencet hidung selama 10 menit. Ketika memencet hidung, Anda dapat bernapas melalui mulut. Cara ini dapat memberikan penekanan pada pembuluh darah sehingga mimisan berhenti lebih cepat.

BACA JUGA:Fakta Dibalik Menggoreng Menggunakan Air Fryer

BACA JUGA:Valve Konfirmasi Counter Strike 2 Siap Dirilis, Terdapat Perubahan Signifikan di Dalamnya

3. Hindari Bersin

Ketika darah terus mengalir, usahakan untuk tidak bersin atau mengeluarkan darah melalui hidung dengan sengaja maupun tidak disengaja. Sebab, hal tersebut akan membuat mimisan sulit untuk berhenti sehingga terus mengalir. Apabila mimisan tidak segera mereda, sebaiknya Anda segera ke rumah sakit terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber