5 Jenis Bahan Pengawet Alami Makanan yang Aman untuk Dikonsumsi

5 Jenis Bahan Pengawet Alami Makanan yang Aman untuk Dikonsumsi

Bahan pengawet makanan alami.-Monticello-Pixabay.com/Monticello

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Bahan pengawet dipercaya mampu memperpanjang umur beberapa jenis makanan. Namun, kebanyakan Bahan pengawet saat ini terbuat dari Bahan yang mengandung kimia dan tidak aman bagi kesehatan tubuh. Tapi tahukah anda, terdapat beberapa Bahan pengawet makanan yang sifatnya alami. Berikut ini beberapa Bahan pengawet alami makanan.

1. Daun Rosemary

Bahan pengawet makanan alami yang pertama adalah daun rosemary. Salah satu bahan pengawet alami makanan yang mengandung lebih dari 24 senyawa antioksidan. Senyawa-senyawa tersebut berfungsi sebagai pelambat dari proses pembusukan makanan.

Daun rosemary juga memiliki  kandungan asam carnosic dan rosmarinic, sebuah komposisi anti mikroba yang mampu memperpanjang jangka masa simpan bahan makanan serta menghambat bau busuk.

BACA JUGA:Manfaat Jus Kurma bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya

BACA JUGA:Fakta Dibalik Menggoreng Menggunakan Air Fryer

2. Bawang Putih Cincang

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, bawang putih dapat digunakan juga sebagai bahan pengawet alami makanan. Bahan pengawet alami dari bawang cincang ini dapat digunakan untuk daging dan ikan yang akan disimpan dalam freezer. Kandungan antibakteri pada bawang putih dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel bakteri. Itulah sebabnya bawang putih cincang sering digunakan sebagai bahan pengawet alami seperti daging dan ikan.

3. Bubuk Kluwak

Selain digunakan sebagai bumbu penting untuk rawon, bubuk kluwak juga dapat digunakan sebagai bahan pengawet alami makanan. Tidak jauh berbeda dengan bawang putih cincang, kluwak juga bisa mengawetkan ikan segar selama tujuh hari tanpa mengeluarkan aroma amis. Apabila ingin menggunakannya, cukup haluskan kluwak sampai menjadi bubuk, kemudian dikeringkan. Beri sedikit garam pada bubuk kluwak kering. Bubuk kluwak yang telah dicampur dengan garam kemudian dimasukkan ke dalam perut ikan yang telah dicuci.

BACA JUGA:Valve Konfirmasi Counter Strike 2 Siap Dirilis, Terdapat Perubahan Signifikan di Dalamnya

BACA JUGA:Reset Season 27 MLBB Sebentar Lagi! Turun ke Tier Apa Kamu Nanti?

4. Cuka

Bahan pengawet makanan alami yang berikutnya adalah cuka, salah satu bahan pengawet alami makanan, terutama untuk jenis makanan buah dan sayur. Cuka memiliki kandungan asam asetat yang mampu memperlambat pertumbuhan bakteri dan jamur. Bukan hanya digunakan untuk membersihkan peralatan dapur saja, tapi juga cocok untuk mengawetkan makanan. Namun yang perlu anda ketahui, cuka memiliki kadar asam yang cukup pekat. Oleh karena itu, apabila ingin mengawetkan makanan menggunakan cuka, beri sedikit garam agar rasanya tak terlalu asam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: momsmoney.id