5 Manfaat Beras Hitam bagi Kesehatan yang Jarang Orang Ketahui

5 Manfaat Beras Hitam bagi Kesehatan yang Jarang Orang Ketahui

Beras hitam.-tycon751-Pixabay.com/tycon751

PALEMBANG, PALTV.CO.ID  - Beras hitam merupakan kumpulan berbagai jenis Beras dari keluarga Oryza Sativa L. Beras ini tidak melalui proses pemutihan karena bulir hitamnya yang utuh dapat mempertahankan semua sifat alaminya.

Nasi hitam memiliki tekstur lengket dan rasa gurih seperti kacang. Beras hitam cocok untuk diolah menjadi makanan penutup, kue Beras hitam tradisional dan bubur.

Tekstur pada beras hitam ini memiliki sifat yang lebih padat jika dibandingkan dengan beras putih. Selain diolah menjadi berbagai makanan, ternyata beras hitam mempunyai manfaat untuk tubuh dan kecantikan kulit wajah. Berikut ini penjelasannya.

1. Mengontrol berat badan

BACA JUGA:Kemenag Sumsel Pantau Hilal Tentukan 1 Ramadan, Begini Perhitungan Rukyatul Hilal

BACA JUGA:Masjid Agung SMB Jayo Wikramo Gelar Kegiatan Selama Ramadan

Manfaat beras hitam yang pertama adalah dapat menurunkan berat badan lebih baik dari pada beras merah. Beras hitam memiliki kadar kalori yang rendah sehingga dapat merasa kenyang lebih lama. Selain itu, beras yang satu ini juga dapat menjauhkan dari kemungkinan menderita obesitas dalam jangka panjang. Sebab jenis beras ini dapat membantu mengontrol asupan kalori saat diet.

2. Mengatasi masalah jerawat

Beras hitam juga mempunyai manfaat bagi kecantikan kulit wajah. Salah satunya dapat mengatasi masalah jerawat. Kandungan alantonin pada beras hitam yang bersifat anti inflamasi, sehingga baik apabila digunakan untuk mengatasi jerawat yang meradang.

Apabila memiliki masalah kulit berjerawat, bisa gunakan masker beras hitam secara rutin. Beras hitam yang telah diolah menjadi masker dapat membantu mengatasi masalah jerawat sekaligus dapat  menghilangkan bekas jerawat.

BACA JUGA:Ziarah Kubur Ramai Menjelang Bulan Ramadan

BACA JUGA:Tradisi Bersih-bersih Masjid Menyambut Ramadan

3. Mengecilkan pori-pori

Manfaat beras hitam berikunya ialah dapat mengecilkan pori-pori pada wajah. Pori-pori yang terlihat besar membuat wajah mudah ditumbuhi jerawat dan mudah berminyak. Selain itu dapat membuat kulit wajah terlihat lebih kusam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber