Ziarah Kubur Ramai Menjelang Bulan Ramadan

Ziarah Kubur Ramai Menjelang Bulan Ramadan

Sudah menjadi tradisi saat menjelang Ramadan, warga menziarahi makam keluarga, Rabu (22/3/2023).-Irawan -PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Ziarah kubur atau nyekar merupakan tradisi masyarakat di nusantara yang masih terus dilakukan, termasuk di Kota Palembang.

Momen menjelang bulan puasa, banyak warga yang melakukan ziarah kubur untuk mendo’akan sanak keluarga yang telah mendahului. Selain mendo’akan si ahli kubur, warga juga membersihkan makam dari rumput liar dan kotoran yang menempel.

Dari pantauan Tim Liputan PALTV di TPU Jalan Jepang Kecamatan Sematang Borang Kota Palembang, tampak puluhan warga ramai menziarahi makam. Rina salah satu peziarah kubur memaknai ziarah kubur ini selain untuk mendoakan orang tua dan keluarga yang telah mendahuli, juga untuk mengingatkan diri bahwa kelak akan kembali ke Tuhan Yang Maha Kuasa.

Selain itu, menziarahi makam keluarga, bagi Rina adalah untuk memperkenalan kepada anak dan cucu bahwa nenek dan kakek mereka merupakan asli keturunan Rantau Alai.

BACA JUGA:Tradisi Bersih-bersih Masjid Menyambut Ramadan

BACA JUGA:Keunikan Masjid Cheng Hoo, Wisata Religi Hasil Akulturasi Budaya di Bumi Sriwijaya


Tradisi ziarah kubur menjelang bulan suci Ramadan, Rabu (22/3/2023).-Irawan -PALTV

Berziarah ke makam orang tuanya ini menurut Rina sudah rutin dilakukannya setiap tahun saat menjelang bulan puasa.

“Ziarah setiap menjelang Ramadan bulan puasa ke makam orang tua, nenek. Ya sudah jadi tradisi tahunan. Kita di sini baca surat Yasin, mendo’akan keluarga yang telah mendahului ini,” terang Rina.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv