5 Bahaya yang Dapat Menyerang Tubuh Jika Terlalu Sering Makan Pedas

Jumat 03-03-2023,17:15 WIB
Reporter : Muhammad Ikhsanudin
Editor : Devi Setiawan

PALEMBANG PALTV.CO.ID - Bagi sebagian orang makanan yang pedas merupakan makanan kesukaan, mulai dari level terendah sampai pada level yang membuat keringat membasahi tubuh kita.

Adapun batasan untuk mengonsumsi cabai, apabila dikonsumsi secara berlebihan maka akan memberikan dampak yang tidak bagi tubuh. Berikut dampak berbahaya yang dapat ditimbulkan apabila anda berlebihan mengonsumsi makanan pedas.

1. Perut terasa mulas sampai nyeri

Gejala awal yang dirasakan ketika anda terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas ialah merasakan perut mulas. Anda tidak bisa meremehkan penyakit satu ini. Karena apabila anda mengabaikan maka dampak yang ditimbulkan akan cukup serius. Mengonsumsi makanan pedas bisa mempercepat gerakan pada usus, dan akan mempermudah terjadinya penyakit diare dan iritasi pada dinding lambung.

BACA JUGA:Fungsi Kumis Kucing yang Jarang Anda Ketahui

BACA JUGA:Nikmati Sensasi Kesejukan Berendam di Cughup Mangkok Pagaralam

2. Refluks asam

Apabila anda memiliki riwayat penyakit lambung, mengonsumsi makanan pedas bukanlah pilihan yang tepat. Jika anda memaksakan untuk mengonsumsinya, anda akan terkena refluk asam. Refluks asam ialah suatu keadaan asam yang ada pada lambung akan naik sampai pada kerongkongan. Bahkan jika anda tetap menyepelekan bahaya dari makan pedas, penyakit lain yang ditimbulkan ialah kanker mulut dan juga kanker nosofaring.

3. Menyebabkan penyakit maag akut

Salah satu penyebab rapuhnya permukaan pada lambung merupakan salah satu afek jika anda terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas. Apabila anda terlalu banyak mengonsumsinya, maka akan menjadi pemicu terjadinya gastristis atau sering sering di sebut maag akut yaitu suatu keadaan yang diakibatkan dari terjadinya peradangan pada lambung. Gejala awal penyakit ini ialah perut kembung, diare, muntah, serta mual.

BACA JUGA:5 Penyakit Akibat Begadang yang Perlu Diwaspadai

BACA JUGA:Intip Keindahan Curup Panjang, Surga Tersembunyi di Lahat

4. Salah satu penyebab lidah menjadi mati rasa

Apakah anda mengetahui jika mengonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan penebalan pada lidah. Afek awal ketika kita mengonsumsinya ialah rasa terbakar di bagian lidah, setelah beberapa saat lidah akan mengalami mati rasa. Hal tersebut akan berpengaruh pada saat anda mengonsumsi makanan lainnya. Rasa manis maupun asin yang ada pada makan seketika akan menghilang.

5. Insomnia

Kategori :