Indeks Bisnis UMKM BRI 2025 Tunjukkan Kinerja yang Terus Tumbuh dan Tetap Optimis

Senin 02-06-2025,20:53 WIB
Reporter : Devi Setiawan
Editor : Devi Setiawan

BACA JUGA:Mobil Jepang Makin Mahal, Mobil Cina Makin Boros? Ini Dia Fakta yang Bikin Dilema!

BACA JUGA:Perjuangan Kalinka Shereen Shaquilla dalam Ajang Putri Anak Indonesia Sumsel 2025

Metodologi Survei                                

Survei Kegiatan Usaha dan Sentimen Bisnis UMKM Bank Rakyat Indonesia dilaksanakan oleh BRI Research Institute pada 25 Maret 2025 hingga 13 April 2025.

Survei ini melibatkan 7.060 responden, yang merupakan debitur UMKM BRI dari berbagai sektor ekonomi dan tersebar di 33 provinsi di Indonesia.

Pengambilan sampel dilakukan dengan metode stratified systematic random sampling, sehingga hasil survei ini dapat merepresentasikan keberagaman sektor usaha, wilayah provinsi, dan skala usaha dari pelaku UMKM.

BACA JUGA:Juara Puteri Anak Indonesia Sumsel, Kalinka Menginspirasi

BACA JUGA:Kalinka Shereen Shaquilla: Bintang Cilik Sumsel dengan Segudang Prestasi Mewah

Adapun, informasi yang dikumpulkan dalam survei ini adalah persepsi pelaku usaha UMKM terhadap perkembangan dan prospek perekonomian secara umum, sektor usaha responden serta perkembangan dan proyeksi kinerja usaha responden.

Informasi ini digunakan untuk menyusun Indeks Bisnis UMKM (IB), Indeks Sentimen Bisnis (ISB) serta Indeks Kepercayaan Pelaku (IKP) usaha UMKM kepada pemerintah.

Indeks-indeks ini melengkapi indeks serupa yang disusun oleh Bank Indonesia dan Badan Pusat Statistik di mana surveinya dilakukan terhadap pelaku usaha kategori menengah dan besar.

Di samping itu juga dikumpulkan informasi mengenai kondisi usaha responden untuk keperluan monitoring dan sekaligus menjadi Early Warning System(EWS) terhadap keberlangsungan usaha debitur UMKM.

BACA JUGA:Internet No Sinyal dan Lemot? Solusinya Telkomsel Orbit MiFi H2

BACA JUGA:Bikin Kagum! Denza D9 Jadi MPV Premium Paling Laris di Indonesia?

Dalam survei ini, responden diminta menjawab sejumlah pertanyaan yang mencerminkan persepsi mereka terhadap perkembangan dan prospek usaha.

Untuk setiap pertanyaan, responden dapat memberikan salah satu dari tiga pilihan jawaban, yaitu positif (lebih tinggi atau lebih baik), negatif (lebih rendah atau lebih buruk), atau netral (sama saja atau tetap).

Dalam penghitungan indeks difusi, hanya jawaban positif dan negatif yang diperhitungkan, sementara jawaban netral diabaikan.

Kategori :