Belum Lama Beroperasi, BYD Sudah Terlibat Beberapa Masalah Hukum di Indonesia

Senin 05-05-2025,15:57 WIB
Reporter : said prakata
Editor : Hanida Syafrina

BACA JUGA:Rumah Dinas Walikota Palembang Disulap Jadi Rumah Aspirasi

Kondisi yang dihadapi BYD ini menunjukkan bahwa memasuki pasar Indonesia bukan hal yang mudah, meski potensinya sangat besar.

Tidak hanya harus bersaing dengan merek-merek mapan yang telah lebih dulu hadir, perusahaan juga perlu bersiap menghadapi persoalan hukum dan sosial yang bisa datang dari berbagai arah.

Jika dibandingkan dengan negara-negara lain tempat BYD beroperasi, situasi di Indonesia bisa dibilang lebih menantang dalam hal perlindungan kekayaan intelektual dan kepastian hukum.

Hal ini menjadi pelajaran penting bagi produsen otomotif global yang ingin mengembangkan bisnisnya di Indonesia agar lebih cermat dalam mendaftarkan merek, menjalin komunikasi dengan pemerintah, serta memperkuat hubungan dengan masyarakat sekitar.

BACA JUGA:Cinta Berujung Luka, Wanita di Palembang Dianiaya Kekasih Saat Tagih Janji Nikah

BACA JUGA:BRI Gandeng Warga Binaan di IPPA Fest 2025, Langkah Berani untuk Pemberdayaan?

Kekalahan BYD dalam sengketa Denza juga menjadi cermin bahwa sistem hukum Indonesia tetap mengedepankan prinsip siapa cepat dia dapat dalam hal pendaftaran merek dagang.

Walaupun merek tersebut sudah mendunia, namun jika tidak didaftarkan terlebih dahulu di Indonesia, maka merek itu tetap bisa dimiliki oleh pihak lain secara sah.

Di sisi lain, PT Worcas Nusantara Abadi, sebagai pemilik sah merek Denza di Indonesia, tetap berhak mempertahankan kepemilikan mereka, meskipun tidak berkecimpung di industri otomotif.

Dalam sistem kekayaan intelektual, sektor usaha tidak selalu menjadi penentu utama kepemilikan hak atas suatu nama dagang, selama pendaftaran dilakukan secara sah dan sesuai prosedur.

BACA JUGA:Cinta Berujung Luka, Wanita di Palembang Dianiaya Kekasih Saat Tagih Janji Nikah

BACA JUGA:Edane Terkesan Pindang Baung dan Pilih Gear Lokal Saat Tampil di Muara Enim

Kasus ini juga menegaskan pentingnya perusahaan global untuk memprioritaskan pendaftaran merek dagang di negara-negara target ekspansi, bahkan sebelum melakukan peluncuran produk.

Keterlambatan BYD dalam mendaftarkan Denza di Indonesia menjadi bukti bahwa persaingan bisnis tidak hanya terjadi di showroom, tapi juga di meja hukum.

 Namun, mereka perlu lebih berhati-hati dan cermat dalam mengelola aspek legal serta menjaga hubungan dengan berbagai pemangku kepentingan, agar ekspansi bisnis mereka berjalan lancar tanpa hambatan baru.

Kategori :